kumparan
6 Feb 2019 16:49 WIB

Direktur Ritel Apple Mengundurkan Diri

Apple (Foto : Reuters)
Apple pada hari Selasa mengumumkan bahwa direktur ritel Angela Ahrendts akan keluar dari perusahaan pada bulan April setelah lima tahun menduduki jabatannya.
ADVERTISEMENT
Apple yang dikenal dengan pimpinan perusahaan yang lama menjabat, tidak menyebutkan alasan keluarnya Ahrendts.
Ahrendts keluar saat Apple berusaha mengangkat kembali penjualannya yang melemah. Ahrendts bergabung dengan Apple tahun 2014 setelah berhenti dari direktur ritel fesyen di Burberry Group.
Selama masa jabatannya, Apple mendesain ulang toko ritelnya dengan penekanan pada daya tarik Apple sebagai merk mewah dan membuka toko di bilangan yang tergolong mahal seperti toko berdinding kaca di Michigan Avenue, Chicago.
Ahrendts sempat mengambil beberapa langkah kontroversial seperti penghilangan ciri khas formal ‘Genius Bar’ Apple karena alasan teknis dari toko dan justru mendirikan lebih banyak pusat layanan kasual.
Pembuatan ‘Genius Grove’ berbentuk tanaman dalam pot di San Francisco mengundang komplen tentang layanan pelanggan.
ADVERTISEMENT
Ahrendts juga mengurangi jumlah perusahaan luar yang menjual aksesoris seperti kasing ponsel di toko Apple, mendedikasikan hanya untuk buatan Apple yang pada umumnya lebih mahal.
Apple telah lama bergantung pada orang luar untuk membantu menjalankan toko-tokonya sejak Steve Jobs mengangkat Ron Johnson di tahun 2000 untuk membangun operasional ritel Apple.
Setelah mundurnya Johnson satu dekade kemudian, Apple telah memiliki toko-toko yang banyak dicemburui oleh pelaku usaha lain, dan menghasilkan penjualan per luas toko yang menyaingi penjual perhiasan mewah.
Apple sempat mengangkat John Browett sebagai direktur ritel sebelum mengangkat Ahrendts.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan