• 0

USER STORY

Facebook Hapus 'Pengkhianatan Negara' dari Daftar Minat Pengguna

Facebook Hapus 'Pengkhianatan Negara' dari Daftar Minat Pengguna


Facebook (Foto : Reuters)
Facebook menghapus ‘pengkhianatan negara’ dari daftar kata kunci untuk identifikasi minat seseorang bagi pengiklan, yang diberitakan Reuters hari Rabu setelah media negara Denmark, DR mengungkap keberadaan kata kunci tersebut.
Pada artikel yang dimuat hari yang sama, DR mengutip pakar yang menyampaikan kecemasannya bahwa penanda yang Facebook sebut sebagai ‘kategori minat’ , dapat digunakan oleh lembaga intelijen di negara otoriter untuk mengidentifikasi warga yang dinilai subversif.
Facebook, jejaring sosial dengan lebih dari 2 milyar pengguna, membuat kategori seperti ‘olahraga’ atau ‘musik’ berdasarkan minat orang-orang di dunia maya, yang membantu perusahaan untuk mengiklan dengan lebih tepat.
Juru bicara Facebook menyatakan perusahaannya telah menghapus penanda tersebut pekan lalu
“Pengkhianatan negara dimasukkan sebagai kategori mengingat perannya secara historis. Atas dasar tindakan tersebut bersifat ilegal, kami telah menghapusnya dari kategori minat,” kata jubir Facebook lewat keterangan tertulisnya pada Reuters.
Pakar yang jadi narasumber DR mengatakan penanda ini dapat saja digunakan oleh pemerintah Rusia untuk menemukan lokasi 65.000 pengguna Facebook yang mencantumkan ‘pengkhianatan negara’ sebagai ketertarikannya.
Jubir Facebook menyampaikan,” Saat kami mengidentifikasi penyalahgunaan dari produk iklan kami, kami mengambil tindakan. Bergantung pada bentuk pelanggarannya, tindakan bisa berupa penghapusan iklan, penutupan akun bersangkutan atau bahkan melaporkannya ke pihak berwajib.”



FacebookDenmarkPolitikMedia Sosial

presentation
500

Baca Lainnya