• 0

Facebook Jalin Kerjasama dengan Kritikus Terbesar YouTube

Facebook Jalin Kerjasama dengan Kritikus Terbesar YouTube


Facebook (Foto : Reuters)
Dalam upayanya menjadi alternatif bagi YouTube, Facebook berhasil jalin kerjasama dengan kritikus paling lantang situs video populer tersebut dari kalangan industri musik.
Raksasa media sosial ini dapatkan lisensi untuk lagu Pharrell dan Drake dari kerjasama dengan Global Music Rights, organisasi yang dipimpin Irving Azoff seperti diberitakan Bloomberg (12/1).
GMR selama ini mencerca YouTube, yang jadi tempat terpopuler memutar lagu karena berikan porsi yang kecil dari pendapatannya kepada musisi dan penulis lagu.
Setelah beberapa tahun mengejar lisensi musik, Facebook telah umumkan beberapa kerjasama hanya dalam beberapa pekan, termasuk dengan Universal Music Group dan Sony/ATV Music.
Hari Kamis selain dengan GMR, Facebook umumkan juga kerjasama dengan Kobalt Music Publishing, SESAC, dan HFA/Rumblefish.
Bagi pengguna Facebook, kesepakatan ini berarti video mereka tidak akan dihapus karena berisi cuplikan lagu yang tidak dimiliki haknya.
Ini dapat membantu jejaring sosial tersebut untuk menarik lebih banyak lagi orang yang unggah video, memperkuat posisinya dalam menyaingi YouTube dan berikan penyeimbang bago industri musik dalam negoisasi dengan situs yang dimiliki oleh Google tersebut.



TeknologiFacebookMusikMedia Sosial

presentation
500

Baca Lainnya