kumparan
11 Feb 2019 23:21 WIB

IDC : Apple Merosot 20 Persen di Q4 2018 , Huawei Naik 23 Persen

Apple (Foto : Reuters)
Penjualan iPhone di China turun 20 persen tahun-ke-tahun pada kuartal keempat 2018, sedangkan penjualan ponsel pintar buatan Huawei melesat 23 persen, berdasarkan data milik IDC yang disebarkan hari Senin.
ADVERTISEMENT
Laporan ini merupakan yang pertama memberikan angka pasti untuk skala penurunan baru-baru ini dari pendapatan Apple di China, setelah CEO Tim Cook menyebut China sebagai faktor kuat dari pemangkasan target penjualan Apple per kuartal pada bulan lalu.
Apple tidak lagi menyebarkan angka detil penjualan iPhone dalam laporan kuartalnya, yang berarti survei maupun pengecekan oleh IDC dapat menjadi indikator jelas adanya pergeseran dalam hal penjualan.
Angka dalam laporan IDC menunjukkan penurunan 19,9 persen dari penjualan iPhone pada kuartal terakhir 2018, sedangkan Huawei naik 23,3 persen. Nilai tersebut mereduksi pangsa pasar Apple ke 11,5 persen dari 12,9 persen setahun yang lalu.
“Selain peningkatan kinerja reguler di tahun 2018 dan perubahan kecil pada eksterior, tidak ada inovasi besar yang membuat para pengguna iPhone terus berganti ponsel dengan harga yang semakin meningkat,” tulis laporan IDC yang dikutip Reuters.
ADVERTISEMENT
“Kondisi makro ekonomi di China dan serangan dari produk inovatif merk lokal juga telah menjadi penyebab kemunduran Apple.”
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan