• 0

USER STORY

Misteri Video Biru dan Merah dari Akun YouTube Webdriver Torso

Misteri Video Biru dan Merah dari Akun YouTube Webdriver Torso


Di YouTube, terdapat sebuah kanal bernama Webdriver Torso yang sempat memancing rasa penasaran warganet beberapa tahun silam.
Webdriver Torso saat menjadi bahan pembicaraan sengit yang diangkat di antaranya oleh Wired yang merupakan media pertama yang membahasnya , BBC dan Kotaku telah mengunggah hingga 77.000 video.
Video-video di akun tersebut sederhana saja dan durasinya sangat singkat, hanya 11 detik saja. Isinya berupa bunyi sinyal yang dibubuhi gambar bergerak kotak biru dan merah yang bentuknya berubah-ubah mengikuti perubahan bunyi.
Dari 77.000 video yang diunggah ketika itu, BBC mencatat ada dua video yang menarik perhatian tersendiri.
Yang pertama adalah video perdana Webdriver Torso yang hanya bisa dilihat setelah membayar dengan menggunakan kartu kredit Perancis dan menampilkan kartun dengan salah satu tokohnya merupakan French Fries. Video tersebut diunggah pada 14 Agustus 2013.
Video menarik kedua adalah nomor 1182 yang menampilkan pemandangan menara Eiffel dilihat dari balkon sebuah gedung dan sedikit cuplikan gambar layar laptop yang diduga menunjukkan akun media sosial si pengunggah.
Berbagai macam teori sempat bermunculan setelah video-video ini naik ke permukaan.
Ada yang mengaitkannya dengan alien, ada yang menduga ini merupakan pesan terenkripsi yang digunakan mata-mata untuk berkomunikasi.
Belakangan Google mengakui bahwa Webdriver Torso adalah bagian dari tim ujicoba kualitas layanan video mereka.
Engadget yang paling awal menguak misteri tersebut.
Kabut yang menyelimuti Webdriver Torso mulai tersibak setelah akun tersebut mengunggah video berjudul tmpRkRl85 yang menampilkan pola yang tidak biasanya selain dua video yang telah disebut di atas.

Pada video yang diunggah 2 Juni 2014 ini, pada detik kelima berbeda dengan video lain yang menayangkan kotak biru dan merah, pola merah yang muncul adalah orang yang sedang berjoget yang fenomena ini sering disebut sebagai ‘rickrolling’.
Rickrolling berasal dari siluet penyanyi Rick Astley yang pada tahun 1987 melantunkan lagu Never Gonna Give You Up.
Saat dikonfrontasi Engadget, Google mengakui bahwa mereka yang bertanggungjawab atas fenomena unik Webdriver Torso ini.
“Kami tidak akan pernah memberikan anda pengunggahan yang lamban atau menurunkan kualitas video, dan kami tidak ingin membuat anda kecewa karena memutar video berkualitas rendah. Untuk itulah kami selalu menjalankan ujicoba seperti yang dilakukan Webdriver Torso,” bunyi pernyataan Google kepada Engadget.
Ternyata kanal ini adalah cara YouTube mengawasi kualitas pengunggahan. Klip-klip dikirim ke server YouTube dan dibandingkan dengan berkas asalnya untuk memastikan kualitasnya tidak berubah.
Viralnya akun tersebut murni sebuah ketidaksengajaan.
Sampai saat ini Webdriver Torso masih terus melakukan pengujian dan telah mengunggah video hingga 100 ribu.

MisteriYouTubeTeknologiGoogle

500

Baca Lainnya