• 0

USER STORY

Raup USD 1,5 Juta dari Penipuan SMS, Bekas Petinggi Perusahaan Dihukum 5 Tahun Penjara

Raup USD 1,5 Juta dari Penipuan SMS, Bekas Petinggi Perusahaan Dihukum 5 Tahun Penjara


Ilustrasi pesan teks (Foto : Digital Trends)
Seorang mantan eksekutif di industri ponsel dihukum lima tahun penjara setelah terbukti bersalah menipu konsumen ponsel dengan membebankan jutaan dolar untuk pesan teks yang tidak diinginkan.
Fraser Thompson dijatuhi hukuman oleh hakim distrik Katherine Forrest di Manhattan. Pengacara Thompson, yang merupakan bekas wakil presiden di perusahaan pemasaran pesan teks Mobile Messenger tidak segera menjawab saat diminta komentar oleh Reuters (13/1).
Thompson didakwa atas konspirasi, penipuan, pencurian identitas dan pencucian uang pada bulan September, berdasarkan catatan pengadilan.
Jaksa penuntut sebut Thompson terlibat dalam skema untuk daftarkan ratusan ribu pelanggan ponsel ke layanan pesan teks tanpa meminta kesediaan mereka sama sekali. Para pelanggan kemudian dipaksa untuk membayar lebih dari USD 100 juta untuk pesan teks yang tidak diinginkan dalam bentuk trivia, horoskop dan gosip selebriti, menurut keterangan jaksa.
Skema ini dipimpin oleh Darcy Wedd, mantan CEO Mobile Messenger yang dinyatakan bersalah oleh tim juri bulan Desember namun belum dijatuhi hukuman.
“Mereka memeras para pengguna ponsel sebesar USD 10 per orang setiap bulannya, dan mengeruk keuntungan ilegal hingga USD 100 juta, yang USD 1,5 juta di antaranya menjadi jatah Thompson,” jelas jaksa Geoffrey S.Berman.
Selain meringkuk di bui, Thompson diminta kembalikan USD 1,5 juta yang diraupnya dari penipuan.


PenipuanSMSTeknologi

500

Baca Lainnya




}