• 0

USER STORY

Startup Jualan Sayur China Raih Pendanaan USD 450 Juta

Startup Jualan Sayur China Raih Pendanaan USD 450 Juta


Meicai (Foto : Fortune)
Meicai, usaha rintisan China yang bantu petani jual sayurannya ke restoran baru saja himpun dana USD 450 juta lewat pendanaan yang dipimpin oleh Tiger Global Management dan China Media Capital, menurut narasumber Bloomberg (11/1).
Startup dari Beijing yang divaluasi USD 2,8 milyar ini akan gunakan dana segar untuk melebarkan sayapnya di pasar makanan segar, terang sumber yang menolak disebutkan namanya.
Meicai yang berarti ‘sayuran indah,’ berdiri tahun 2014 dengan tujuan menjadi penyalur sayuran untuk 10 juta restoran kecil dan menengah di China.
Mereka bantu pemilik restoran untuk pesan sayuran tertentu seperti bok choy dan terong langsung ke petani lewat aplikasi. Meicai adalah pemain terbaru yang berniat mengganggu operasional ritel tradisional dengan cara memangkas keberadaan tengkulak.
Pendanaan ini menggarisbawahi valuasi gemuk dari perusahaan China yang sedang banyak disuntikkan modal. Lima dari 10 pendanaan terbesar tahun berasal dari perusahaan yang bercokol di China, di mana Amerika hanya mencatatkan dua, berdasarkan catatan Preqin.
Pendanaan global terbesar adalah ke Didi Chuxing yang mencapai USD 5,5 milyar.
Total modal yang masuk ke China adalah USD 65 milyar, sedikit di bawah Amerika Utara yang mendapatkan USD 77 milyar menurut data Preqin.
Liu Chuanjun, CEO Meicai menolak mengomentari pendanaan tersebut.


TeknologiSayuran ChinaStartup

presentation
500

Baca Lainnya