Konten dari Pengguna

4 Rekomendasi Tempat Wisata Sulawesi Selatan yang Mempesona dan Asyik

Jendela Dunia
Menyajikan informasi untuk menginspirasi dan menambah wawasan pembaca
31 Mei 2023 15:09 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Jendela Dunia tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Wisata Sulawesi Selatan. Sumber Foto: Pixabay @trisrape
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Wisata Sulawesi Selatan. Sumber Foto: Pixabay @trisrape
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Sulawesi Selatan merupakan salah satu provinsi yang terletak di bagian tenggara pulau Sulawesi, Indonesia. Dikenal dengan kekayaan alamnya yang luar biasa, provinsi ini menawarkan banyak tempat wisata Sulawesi Selatan yang menarik untuk dikunjungi.
ADVERTISEMENT
Dari keindahan pantai hingga panorama pegunungan yang menakjubkan, tentunya destinasi wisata tersebut membuat banyak wisatawan penasaran. Bagi wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

4 Rekomendasi Wisata Sulawesi Selatan yang Mempesona

Ilustrasi Wisata Sulawesi Selatan. Sumber Foto: Pixabay @natashamempesona
Dikutip dari website disbudpar.sulselprov.go.id, wisata Sulawesi Selatan banyak menyuguhkan keindahan alam yang mempesona yang akan membuat para pengunjung nyaman dalam berlibur. Beberapa tempat wisata tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Pantai Losari

Pantai Losari terletak di pusat Kota Makassar dan menjadi ikon pariwisata Sulawesi Selatan. Pantai ini menawarkan pemandangan indah dari Laut Makassar yang biru yang membentang sepanjang pantai.
Pengunjung dapat menikmati matahari terbenam yang spektakuler sambil duduk di tepi pantai yang bersekat-sekat.
Pantai Losari juga terkenal dengan kuliner khasnya, terutama ikan bakar dan soto Makassar yang lezat. Jangan lupa untuk mencoba jajanan tradisional, seperti pisang epe dan pallu butung yang tersedia di sepanjang pantai.
ADVERTISEMENT

2. Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung

Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung merupakan tempat wisata yang cocok untuk para pecinta alam dan penggemar keanekaragaman hayati.
Terletak sekitar 50 kilometer dari Kota Makassar, taman nasional ini menawarkan keindahan gua-gua karst, air terjun yang menakjubkan, dan kehidupan satwa yang unik.
Salah satu daya tarik utama adalah keanekaragaman kupu-kupu, di mana pengunjung dapat melihat berbagai spesies kupu-kupu yang indah dan langka.
Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung juga merupakan tempat yang ideal untuk melakukan berbagai kegiatan, seperti trekking, hiking, dan camping.

3. Tana Toraja

Tana Toraja adalah daerah yang terkenal dengan tradisi pemakaman unik dan rumah adatnya yang megah. Terletak di daerah pegunungan, Tana Toraja menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan dengan sawah terasering yang indah dan lembah hijau yang luas.
ADVERTISEMENT
Selain itu, wisatawan dapat mengunjungi makam batu dan rumah adat Toraja yang merupakan warisan budaya yang kaya. Tana Toraja juga terkenal dengan festival adatnya, di antaranya adalah Rambu Solo yang merupakan upacara pemakaman tradisional yang spektakuler.

4. Pulau Takabonerate

Pulau Takabonerate adalah salah satu tempat wisata tersembunyi di Sulawesi Selatan yang memiliki kekayaan alam bawah laut yang menakjubkan.
Pulau ini merupakan salah satu terumbu karang terbesar di Indonesia dan merupakan surga bagi para penyelam. Airnya yang jernih dan keanekaragaman hayati yang melimpah membuat pengalaman menyelam di sini menjadi tak terlupakan.
Selain menyelam, pengunjung juga dapat menikmati kegiatan lain seperti snorkeling, bersantai di pantai pasir putih, dan menjelajahi pulau dengan menyewa perahu nelayan.
ADVERTISEMENT
Demikian rekomendasi tempat wisata Sulawesi Selatan yang bisa dikunjungi saat berlibur ke sini. (ZIA)