4 Jenis-Jenis Reksadana yang Paling Diminati

Menyajikan informasi untuk menginspirasi dan menambah wawasan pembaca
Konten dari Pengguna
13 Mei 2022 19:37
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Jendela Dunia tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
4 Jenis-Jenis Reksadana yang Paling Diminati (13512)
zoom-in-whitePerbesar
Jenis-jenis Reksadana, Foto: Pexels/David McBee
Jenis-jenis reksadana ada bermacam-macam. Saat ingin berinvestasi, kamu mesti teliti dalam memilih reksadana sebagai wadah investasi untukmu.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari situs reksadana.ojk, reksa dana sendiri memiliki arti ialah sebuah wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam Portofolio Efek oleh Manajer Investasi.
Lalu kenapa kita harus berinvestasi di reksadana? Jika kamu berinvestasi di reksa dana, ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan, antara lain ialah mendapat kemudahan untuk membeli saham, diversifikasi aset, kamu sebagai investor dapat menjual reksa dana dalam waktu singkat, biaya yang terjangkau, Diatur dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan, dan banyak keuntungan lainnya.

Jenis-jenis Reksadana

Untuk berinvestasi di reksadana kamu tidak perlu mengeluarkan modal yang begitu besar. Ada banyak jenis reksa dana yang menawarkanmu modal awal yang cukup terjangkau. Terlebih lagi bagi anak-anak muda yang belum memiliki banyak dana, tetapi ingin berinvestasi. Kamu mesti memilih reksadana yang tepat dan sesuai dengan modal yang kamu miliki.
ADVERTISEMENT
Banyak yang bilang untuk berinvestasi di reksadana itu memiliki risiko yang sangat tinggi. Sebenarnya, ini tergantung pada jenis reksadana apa yang kamu pilih. Karena reksadana itu ada beragam jenisnya, kamu harus cermat dalam memilih reksadana yang akan kamu ambil. Jika kamu baru dalam bidang berinvestasi, kamu bisa memilih reksadana yang memiliki risiko yang rendah, seperti reksadana pasar uang contohnya.
Agar kamu tak bingung dalam memilih reksa dana, di bawah ini adalah jenis-jenis reksadana yang paling diminati oleh para investor :
  1. Reksa dana Pendapatan Tetap Jenis reksa dana pertama yang paling diminati para investor ini ialah reksa dana pendapatan tetap. Reksa dana yang diinvestasikan minimum 80% dari nilai aktiva bersih, lalu sisanya merupakan investasi yang ditanamkan pada pasar uang.
  2. Reksa dana Saham Reksa dana saham ialah jenis reksa dana yang memiliki risiko paling tinggi. Sebab, jenis reksa dana ini memiliki potensi imbal hasil paling tinggi di antara jenis reksa dana lainnya. Dan juga mengingat bahwa harga saham pada reksa dana ini berfluktuasi.
  3. Reksa dana Pasar Uang Reksa dana pasar uang ini merupakan reksa dana yang paling aman dibandingkan dengan reksa dana lainnya. Sebab, risiko dalam reksa dana ini ialah yang paling rendah.
  4. Reksa dana Terproteksi Ialah suatu reksa dana yang memiliki masa jatuh tempo dan membagikan keuntungan secara berkala. Tak hanya itu, biasanya nilai pokok investasi pada reksa dana ini akan tetap utuh pada saat jatuh tempo.
ADVERTISEMENT
Demikianlah jenis-jenis reksa dana yang paling diminati lengkap dengan penjelasannya. Semoga bermanfaat!(Ifra)