5 Rekomendasi Transportasi Umum di Bali untuk Wisatawan

Jendela Dunia
Menyajikan informasi untuk menginspirasi dan menambah wawasan pembaca
Konten dari Pengguna
15 Agustus 2022 23:35 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Jendela Dunia tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Transportasi Umum di Bali untuk,Foto/Unsplash/Jonathan Borba
zoom-in-whitePerbesar
Transportasi Umum di Bali untuk,Foto/Unsplash/Jonathan Borba
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Sebagai destinasi liburan, Bali merupakan gudangnya wisata. Dengan banyaknya wisatawan yang berlibur ke Bali, pemerintah Bali juga menyediakan banyak fasilitas transportasi yang dapat digunakan untuk mendukung mobilitas para wisatawan selama di Bali. Berikut kami rangkum beberapa rekomendasi transportasi umum di Bali yang bisa Anda gunakan saat berlibur di pulau Dewata ini.
ADVERTISEMENT

Transportasi umum di Bali

Bagi wisatawan yang tidak membawa kendaraan pribadi, terdapat beberapa pilihan transportasi umum yang dapat digunakan untuk bepergian selama di Bali. Berikut beberapa transportasi umum di Bali yang dapat Anda pergunakan untuk menunjang mobilitas Anda:

1. Bus Trans Sarbagita

Bus Trans Sarbagita adalah bus yang pertama kali diluncurkan pada tahun 2011. Awalnya, bus Trans Sarbagita ini beroperasi di dua koridor saja yaitu Kota Garuda Wisnu Kencana dan Batubulan Nusa Dua.
Trans Sarbagita kini melayani rute Bandara I Gusti Ngurah Rai-Nusa Dua PP dengan 6 armada bus. Harga bus Trans Sarbagita ini berkisar antara 3.500-7.000 Rupiah.

2.Trans Metro Dewata

Trans Metro Dewata ini diluncurkan pada 2020 dan melayani empat koridor yaitu Denpasar, Badung, Gianyar, dan Tabanan. Bus ini memiliki beberapa fasilitas seperti CCTV, reader kartu non-tunai, sensor penghitung, dan masih banyak lainnya.
ADVERTISEMENT
Dengan armada sebanyaj 105 bus, ada empat rute yang dilayani Trans Metro Dewata, yakni GOR Ngurah Rai-Bandara I Gusti Ngurah Rai, Terminal Persiapan-Central Parkir Kuta Badung, Pantai Matahari Terbit-Dalung, dan Terminal Ubung-Sentral Parkir Monkey Forest.

3. Kura-kura Bus

Kura-kura Bus ini beroperasi setiap hari di daerah pariwisata yang populer di Bali, seperti Kuta, Legian, Seminyak. Nusa Dua, Jimbaran, Sanur, dan Ubud . Operator akan menjemput wisatawan dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai menuju tempat mereka menginap atau menuju sejumlah spot wisata yang menjadi tujuan. Harga bus ini mulai dari 20.000 an sampai 80.000.

4. Komotra

Komotra adalah transportasi umum khas Bali yang beroprasi di sekitar Pantai Kuta. Komotra melayani rute dari area central parkir panta Kuta menuju pantai Kuta yang berjarak sekitar 3 km.
ADVERTISEMENT
Dengan biaya 10 ribu Rupiah, Anda sudah bisa naik transportasi ini. Komotra bisa mempersingkat perjalanan kamu dari central parkir menuju Pantai Kuta.

5. Taxi

Taxi adalah moda transportasi mobil yang umum ada di mana-mana. Beberapa supir taxi sering mematok harga yang lumayan mahal dan tidak menggunakan argo sebagai acuan harga. Jadi Anda harus jeli memilih armada taxi yang jujur.
Demikianlah rekomendasi transportasi umum di Bali yang murah dan aman. Jika Anda sedang berada di Bali, Anda dapat menggunakan transportasi yang ada di atas sebagai alternatif untuk bepergian.(NANDA)