Syarat Penerbangan Domestik Ciitilink Terbaru

Menyajikan informasi untuk menginspirasi dan menambah wawasan pembaca
Konten dari Pengguna
16 April 2022 15:03
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Jendela Dunia tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Syarat Penerbangan Domestik Ciitilink Terbaru (119360)
zoom-in-whitePerbesar
Syarat Penerbangan Domestik Ciitilink, Foto: Pexels/Brett Sayles.
ADVERTISEMENT
Siapa di antara kalian yang berencana akan bepergian dalam negeri menggunakan pesawat terbang? Bagi kalian yang akan bepergian, terutama dengan maskapai Citilink, kalian wajib mengetahui syarat penerbangan domestic Citilink yang akan dibahas di artikel berikut ini.
ADVERTISEMENT
Kalian juga dapat mengakses persyaratan perjalanan dan dokumen perjalanan yang dibutuhkan untuk penerbangan domestik di webstite www.citilink.co.id.
Perlu kalian ketahui juga peraturan perjalanan domestik ini berlaku mulai tanggal 4 April 2022 hingga ada pemberitahuan selanjutnya. Namun bisa dikatakan bahwa saat ini peraturan tersebut juga akan berlaku hingga masa Lebaran selesai.

Protokol Kesehatan selama Perjalanan

Mari kita simak protokol kesehatan yang wajib ditaati oleh semua pelaku perjalanan, dilansir dari situs Covid19.go.id dalam Surat Edaran Nomor 16 Tahun 2022 Tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri Pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19):
  1. Setiap individu yang melaksanakan perjalanan orang wajib menerapkan dan mematuhi protokol kesehatan 3M, yaitu: memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan, serta mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan hand sanitizer.
  2. Pengetatan protokol kesehatan perjalanan yang perlu dilakukan berupa:
ADVERTISEMENT
  • Menggunakan masker kain 3 lapis atau masker medis yang menutup hidung, mulut dan dagu;
  • Mengganti masker secara berkala setiap empat jam, dan membuang limbah masker di tempat yang disediakan;
  • Mencuci tangan secara berkala menggunakan air dan sabun atau hand sanitizer, terutama setelah menyentuh benda yang disentuh orang lain;
  • Menjaga jarak minimal 1,5 meter dengan orang lain serta menghindari kerumunan;
  • Tidak diperkenankan untuk berbicara satu arah maupun dua arah melalui telepon ataupun secara langsung sepanjang perjalanan dengan moda transportasi umum darat, perkeretaapian, laut, sungai, danau, penyeberangan, dan udara;
  • Tidak diperkenankan untuk makan dan minum sepanjang perjalanan penerbangan bagi perjalanan yang kurang dari 2 jam, terkecuali bagi individu yang wajib mengkonsumsi obat dalam rangka pengobatan yang jika tidak dilakukan dapat membahayakan keselamatan dan kesehatan orang tersebut.
ADVERTISEMENT

Syarat Penerbangan Domestik Citilink

Berikut adalah syarat penerbangan domestik yang perlu kalian ketahui, dilansir dari situs Citilink.co.id:
  1. Bagi para penumpang penerbangan yang sudah melakukan vaksinasi dosis ketiga (booster), maka tidak diwajibkan untuk menunjukkan hasil negatif tes COVID-19 pada saat akan bepergian.
  2. Bagi para penumpang penerbangan yang sudah melakukan vaksinasi dosis kedua, maka diwajibkan untuk menunjukkan hasil tes PCR dengan masa berlaku surat 3x24 jam sebelum jadwal keberangkatan atau tes antigen dengan masa berlaku surat 1x24 jam sebelum jadwal keberangkatan.
  3. Bagi para penumpang penerbangan yang sudah melakukan vaksinasi dosis pertama, maka diwajibkan untuk menunjukkan hasil tes PCR dengan masa berlaku surat 3x24 jam sebelum jadwal keberangkatan atau tes antigen dengan masa berlaku surat 1x24 jam sebelum jadwal keberangkatan.
  4. Penumpang wajib mengunduh dan menggunakan aplikasi PeduliLindungi sebagai syarat melakukan perjalanan dalam negeri.
  5. Penumpang diwajibkan untuk mengisi kartu kewaspadaan kesehatan elektronik (E-HAC) dan untuk proses pemeriksaan dokumen persyaratan penerbangan (sertifikat vaksin dan hasil negatif tes COVID-19) di bandara keberangkatan.
  6. Tetap disarankan agar penumpang membawa hasil cetak dokumen persyaratan asli (sertifikat vaksin dan hasil negatif tes COVID-19) sebelum tiba di bandara keberangkatan sebagai antisipasi apabila dibutuhkan oleh petugas KKP di bandara setempat.
  7. Khusus anak di bawah usia 6 tahun tidak diwajibkan test PCR atau Test Antigen, namun dapat melakukan perjalanan dengan pendamping perjalanan yang telah memenuhi ketentuan vaksinasi dan pemeriksaan Covid-19.
  8. Calon penumpang Citilink dengan kepentingan khusus yang tidak atau belum divaksin dengan kondisi kesehatan khusus atau penyakit komorbid yang menyebabkan pelaku perjalanan tidak dapat menerima vaksinasi, wajib menunjukan hasil negatif tes RT-PCR dengan masa berlaku surat maksimal 3 x 24 jam serta wajib melampirkan surat keterangan dokter dari Rumah Sakit Pemerintah yang menyatakan bahwa yang bersangkutan belum dan/atau tidak dapat mengikuti vaksinasi COVID-19.
ADVERTISEMENT
Bagi semua pelaku perjalanan, diharapkan selalu menjaga protokol kesehatan dimanapun kita berada. (Ester)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020