Tiket Masuk Situ Bagendit 2022 dan Jam Operasionalnya

Menyajikan informasi untuk menginspirasi dan menambah wawasan pembaca
Konten dari Pengguna
14 Mei 2022 11:07
·
waktu baca 4 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Jendela Dunia tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Tiket Masuk Situ Bagendit 2022 dan Jam Operasionalnya (259324)
zoom-in-whitePerbesar
Tiket Masuk Situ Bagendit 2022, Foto: Kumparan Travel
Masih suasana liburan, banyak yang mencari harga tiket masuk Situ Bagendit 2022. Berada di Garut yang dikenal sebagai Swiss van Java, objek wisata ini menyuguhkan keindahan alam yang menenangkan jiwa.
ADVERTISEMENT
Selain menenangkan, danau wisata ini konon terbentuk dari sebuah legenda di masa lalu, sehingga cocok untuk rekreasi keluarga.

Legenda Situ Bagendit

Dilansir dari buku Kumpulan Cerita Rakyat Nusantara, Sumbi Sumbangsari, (2008:34), kata 'situ' berarti danau, sedangkan kata 'Bagendit' berasal dari nama Nyai Endit, seorang wanita kaya raya di Garut yang kikir dan tak mau menolong sesama. Salah satu sumber kekayaannya berasal dari tanah garapan luas dengan hasil yang melimpah saat panen.
Hidup di suatu desa yang berada di utara Garut, Nyai Endit disegani warga karena bisa berbuat apa pun dengan kekayaannya. Sering dijadikan tempat pinjaman uang, Nyai Endit mengenakan bunga yang sangat tinggi bagi setiap peminjam. Ia juga memiliki pengawal untuk menagih utang warga dan menghukum mereka yang terlambat atau tak mampu melunasinya.
ADVERTISEMENT
Suatu hari, paceklik tiba dan para penduduk yang berprofesi sebagai petani mengalami kesulitan. Gagal panen membuat para penduduk busung lapar.
Keadaan itu berbanding terbalik dengan Nyai Endit yang tetap bergelimang harta, bahkan mampu mengadakan pesta yang meriah bersama keluarga dan teman-temannya. Namun, ia tidak berniat sedikit pun untuk membantu warga yang kelaparan.
Saat pesta berlangsung, banyak warga yang mengais tempat sampah demi memperoleh sisa makanan. Namun, Nyai Endit memberi sambutan dan mengatakan bahwa para tamu bisa makan dan minum sepuasnya tanpa menghiraukan paceklik dan kelaparan di sekitar mereka.
Kemudian datanglah seorang pengemis yang bersikeras ingin menemuinya. Berhasil menerobos para pengawal untuk masuk ke halaman rumah Nyai Endit, pengemis itu mengatakan bahsa sikap Nyai Endit sangat tidak manusiawi.
ADVERTISEMENT
Ia mengatakan bahwa Nyai Endit amat kejam dan serakah, karena tak mau bersimpati dan menolong warga sekitar. Kesal akan perkataan pengemis itu, Nyai Endit lantas marah dan memerintahkan para pengawal untuk mengusirnya.
Tak disangka-sangka, pengemis itu mampu mengalahkan para pengawal yang besar dengan satu gerakan. Pengemis itu rupanya merupakan orang sakti yang menjelma menjadi pengemis.
Ia kemudian menancapkan ranting pohon di halaman rumah Nyai Endit dan menantangnya untuk mencabut ranting tersebut dan mengizinkan apabila ia ingin diwakilkan. Jika ia bisa mencabutnya, maka ia termasuk orang termulia di dunia.
Nyai Endit lantas menyuruh pengawalnya yang paling kekar untuk mewakilinya. Di luar dugaan, pengawalnya tersebut ternyata tak mampi mencabut ranting pohon itu.
ADVERTISEMENT
Sang pengemis kemudian maju dan berhasil mencabutnya dengan mudah. Tiba-tiba lubang bekas ranting pohon itu mengeluarkan air yang amat deras dan sang pengemis hilang begitu saja.
Pada saat yang sama, turun hujan yang amat deras dan diselingin guncangan gempa bumi yang sekejap menelan desa itu dan mengubahnya menjadi danau, yang kini dikenal sebagai Situ Bagendit. Warga setempat meyakini bahwa di danau itu hidup seekor lintah raksasa yang merupakan jelmaan Nyai Endit.

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk Situ Bagendit 2022

Saat ini objek wisata Situ Bagendit utama masih direnovasi, tetapi Situ Bagendit 2 dan 3 tetap buka dengan tiket masuk Rp5.000 per orang.
Danau alami ini dibuka untuk umum setiap hari pukul 08.00 - 17.00 WIB. Situ Bagendit terletak di Desa Bagendit, Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut, sehingga sering digunakan pemerintah setempat untuk menggelar acara spesial, seperti upacara kemerdekaan Indonesia dan kegiatan kebudayaan.
ADVERTISEMENT

Aktivitas di Situ Bagendit

Selain menikmati pemandangan alam yang ciamik, pengunjung juga bisa menaiki sepeda air, rakit, dan perahu bersama kerabat dan teman-teman. Selain itu pengunjung juga diizinkan untuk memancing di pinggir danau.
Pengunjung yang membawa anak-anak bisa mengantar anak-anak unfuk memainkan beberapa wahana yang ramah anak, seperti: trampolin, kereta mini, pemancingan mini, kolam bola dengan seluncuran, dan kegiatan mewarnai.
Setelah bersenang-senang, pengunjung bisa mengisi perut di warung sekitar, pergi ke toilet, dan membeli cendera mata setempat.
Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, segera siapkan diri untuk menikmati keindahan dan keseruan aktivitas di Situ Bagendit.
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020