• 0

5 Teknologi yang Bantu Jaga Rumah Selama Liburan

5 Teknologi yang Bantu Jaga Rumah Selama Liburan



CCTV

Ilustrasi CCTV atau kamera pengintai. (Foto: ElasticComputeFarm (CC0 Public Domain))

Liburan akhir tahun akan lebih nikmat jika meninggalkan rumah dengan hati tenang. Caranya yang populer dilakukan adalah memercayakan keluarga atau tetangga untuk menjaga rumah. Tetapi jika hal itu tak memungkinkan, sejumlah perangkat teknologi terkini bisa dimanfaatkan sebagai "penjaga rumah."
Konsep rumah pintar atau smart home belakangan ini semakin berkembang dengan kehadiran produk-produk dari perusahaan teknologi yang berupaya memberi solusi, tak terkecuali solusi yang menggantikan fungsi penjaga rumah.

CCTV
Kamera sudut atau CCTV kini tak seribet dahulu, karena sudah banyak CCTV model plug and play. Xiaomi Yi merupakan salah satu yang paling populer pada jenis ini lantaran memiliki spesifikasi mumpuni, mulai dari kualitas video berukuran 1280x720 pixel, tersedianya slot memori SD hingga 32 GB serta opsi night vision hingga radius 5 meter.
Xiaomi Yi harus terhubung dengan koneksi Internet karena memanfaatkan teknologi komputasi awan Xiaomi. Nantinya, gambar yang terekam di Yi bisa disaksikan pada ponsel pengguna yang telah dipasangkan aplikasi Mi Home dari mana saja.

Alarm Api Pintar
Perkembangan teknologi yang pesat juga terjadi pada perangkat alarm api untuk mencegah kebakaran. Sekarang ini alat alarm api sudah semakin pintar karena ia bukan hanya mendeteksi asap karbon monoksida dan api saja, tetapi juga titik panas yang bisa menyebabkan kebakaran.


Produk dari Nest berupa Nest Protect merupakan salah satu alat pendeteksi api yang terhubung ke Internet dan bisa memberi notifikasi ke ponsel pengguna. Ia memang sedikit lebih mahal, dan agak sulit ditemukan di Indonesia, tetapi memiliki kecerdasan lebih dibandingkan alarm api pada umumnya.

Kunci Pintu Digital
Lapis keamanan rumah pintar masa kini bisa ditambah dengan kunci pintu digital. Perangkat yang cukup populer adalah Samsung Smart Doorlock atau Yale Digital Door Lock.


Alat macam ini memungkinkan penggunanya melakukan penguncian pintu dengan pemindai sidik jari, kartu, hingga nomor PIN. Di beberapa merek perangkat malah dilengkapi dengan kamera untuk memantau objek yang berada di depan pintu, seperti yang tersedia pada produk merek Doorbot, yang sayangnya tidak tersedia di Indonesia.

Gembok Alarm
Gembok biasa dapat dengan mudah dihancurkan oleh perampok, tapi tidak dengan gembok yang satu ini. Disebut sebagai gembok alarm karena gembok ini bakal mengeluarkan suara alarm yang akan membuat kabur pencuri manapun jika gembok ini disentuh, digerakkan atau diguncang. Kombinasi bahan antara besi dan logam berkualitas tinggi semakin menambah keamanan secara maksimal. Produk merek Am-Tech Padlock atau Security Alarm Padlock bisa menjadi pilihan untuk mengamankan pagar rumah.

Kamera Pendeteksi Gerakan
Sejumlah perusahaan teknologi juga ada yang menyediakan solusi kamera dengan kemampuan mendeteksi gerakan, antara lain Canary dan iSmartAlarm. Kedua perangkat itu terhubung ke Internet dan bisa memberi notifikasi pada aplikasi ponsel. Dengan cara ini pemilik rumah bisa bergerak cepat menghubungi petugas keamanan atau polisi.
Bukan cuma gerakan, sejumlah perangkat macam ini dibekali dengan sensor yang mampu melacak temperatur dan suara.

Canary

Perangkat kamera pendeteksi gerakan dari Canary. (Foto: Canary)


TeknologiGadgetInovasiLiburan

500

Baca Lainnya