• 6

Adobe Photoshop Tolak Uang Baru Indonesia

Adobe Photoshop Tolak Uang Baru Indonesia



Rupiah desain baru.

Uang rupiah desain baru yang diterbitkan BI pada Senin, 19 Desember 2016. (Foto: Aditia Noviansyah )
Hari Senin, 19 Desember 2016, merupakan hari bersejarah bagi bangsa Indonesia karena pada hari itu diluncurkan tujuh desain baru uang kertas rupiah. Hampir semua media massa menjadikan kabar peluncuran uang baru itu sebagai berita utama.
kumparan tak ketinggalan menguliti isu tersebut. Fotografer senior kumparan, Aditia Noviansyah, hadir di acara peluncuran uang baru itu di Gedung Thamrin Kompleks Bank Indonesia, Jakarta.
Fotografer yang akrab disapa Ano ini memotret setiap lembar uang kertas baru untuk mendapatkan detail. Ia ingin memberi gambaran kepada pembaca tentang desain, gambar pahlawan, dan warna uang baru itu.
Tibalah saat Ano harus mengolah hasil jepretannya untuk kemudian dikirimkan kepada tim redaksi yang ada di kantor. Ia menyalakan laptop, membuka aplikasi Adobe Photoshop CC 2017 resmi, dan mulai memasukkan foto-foto desain uang baru ke aplikasi olah gambar itu untuk melakukan resize.
"Foto pertama bisa saya resize. Foto kedua bisa. Pas foto ketiga, ada keterangan Photoshop tidak mendukung edit foto uang. Setelah itu tidak bisa," demikian penjelasan Ano kepada tim yang bertugas di kantor.
Rekan-rekan di kantor juga memakai aplikasi Adobe Photoshop versi serupa dengan Ano, yang tak lain adalah versi terkini dan tercanggih. Sejumlah rekan di kantor menjajal untuk memasukkan gambar uang ke Photoshop CC 2017.
Hasilnya sama. Peranti lunak itu hanya mengizinkan pengolahan foto uang dua kali. Pada kali ketiganya, peranti lunak itu akan menolak dan memberi keterangan sebagai berikut:

Notifikasi Adobe Photoshop CC 2017

Notifikasi Adobe Photoshop CC 2017 menolak reproduksi gambar uang. (Foto: Adobe)
Jika pengguna mengklik tombol Information pada boks notifikasi di atas, maka akan dibawa ke sebuah situs web yang salah satu penanggungjawabnya adalah Central Bank Counterfeit Deterrence Group (CBCDG) atau Kelompok Bank Sentral untuk Pencegahan Pemalsuan.
Kesepakatan Global CBCDG
CBCDG ternyata mengembangkan sistem pencegahan pemalsuan uang yang salah satu fungsinya dapat diaplikasikan pada peranti lunak komputer. Adobe merupakan salah satu perusahaan yang mendukung dan menerapkan sistem itu. Sistem CBCDG berupaya menangkal penggunaan komputer pribadi dan alat olah gambar digital yang terindikasi berupaya mereproduksi gambar uang yang dilindungi negara.
"Di beberapa negara, setiap reproduksi gambar uang kertas --bahkan untuk penggunaan seni atau iklan-- dilarang keras," tulis informasi dalam situs itu.
kumparan telah meminta penjelasan terhadap Adobe terkait kasus ini, tetapi sampai sekarang belum mendapat balasan.
Di Tanah Air, Bank Indonesia merupakan satu-satunya lembaga hukum yang berwenang merancang, memproduksi, menarik dari peredaran, sampai memusnahkan uang rupiah. Siapa saja yang ingin mereproduksi gambar mata uang ini untuk tujuan apa pun, maka harus dapat izin terlebih dahulu dari Bank Indonesia.
Setelah rampung membaca informasi pencegahan Adobe soal reproduksi gambar uang ini, Ano merelakan foto-foto desain uang baru liputannya dikirim ke kantor tanpa sentuhan Photoshop.
"Semua foto uang baru dikirim mentah, ya," kata Ano lewat pesan WhatsApp.
Kesepakatan yang terjalin antara Adobe dan CBCDG soal larangan reproduksi gambar uang patut diapresiasi, toh, itu sejalan dengan aturan Bank Indonesia dalam menjaga dan melindungi uang kita, rupiah. Seperti yang dikatakan Presiden Joko Widodo dalam peluncuran kemarin: menjaga rupiah berarti kita telah menjaga kedaulatan negara Republik Indonesia. Merdeka!

Uang BaruTeknologiAdobePhotoshopFoto

500

Baca Lainnya