• 1

Amazon Kejar Waktu 30 Menit Kirim Barang Pakai Drone

Amazon Kejar Waktu 30 Menit Kirim Barang Pakai Drone



Logo Amazon

Tempat pengiriman barang Amazon (Foto: Reuters)

Program pengiriman barang dengan pesawat tanpa awak (drone) yang didengungkan Amazon sejak lama akhirnya memasuki masa uji coba.
Fasilitas ini diberi nama Prime Air oleh Amazon yang diuji secara terbatas di Cambridge, Inggris, mulai pekan lalu. Sejauh ini uji coba hanya bisa dilakukan pada siang hari saat cuaca mendukung, tanpa biaya tambahan, dan dijanjikan bisa sampai dalam 30 menit.
Amazon menjelaskan drone ini beroperasi dengan sistem otonom yang teknologinya dikembangkan oleh Amazon. Barang pertama yang dikirim adalah Amazon Fire TV dan sebungkus popcorn.
Menurut penjelasan CEO Amazon Jeff Bezos, melalui akun Twitter resminya, pengiriman tersebut memakan waktu 13 menit setelah konsumen menekan tombol order.
Amazon dikenal sebagai perusahaan e-commerce sekaligus teknologi yang mengembangkan sistem operasinal secara mandiri dari hulu hingga hilir. Perusahaan asal Seattle, Amerika Serikat, ini juga menyediakan sejumlah layanan berbasis Internet dan peranti keras ponsel, tablet, sampai peralatan rumah pintar.
Drone dinilai sejumlah perusahaan bisa menjadi solusi pengiriman barang dalam hal belanja online. Sejumlah perusahaan yang mengembangkan metode pengiriman dengan drone adalah Google, Starbucks, dan Domino's Pizza.
Menerbangkan drone secara otomatis di luar pandangan manusia masih belum ditetapkan regulasinya oleh pemerintah Amerika Serikat, dan oleh sebab itu Amazon belum bisa menguji pengiriman drone di negara asalnya. Amazon bisa menguji pengiriman ini di Inggris setelah mendapat izin dari pemerintah setempat.

TeknologiE-commerceAmazonDrone

500

Baca Lainnya