• 3

Barang-barang Jokowi yang Viral di Media Sosial

Barang-barang Jokowi yang Viral di Media Sosial



Jokowi menyaksikan final AFF lewat laptop

Presiden Joko Widodo menyaksikan laga final AFF 2016 leg pertama antara Indonesia dan Thailand lewat laptop. (Foto: Joko Widodo via Twitter)
Presiden Joko Widodo pasti telah menyadari bahwa apa yang ia lakukan bisa jadi perbincangan yang viral dalam sekejap di media sosial. Bukan cuma soal tindak-tanduk atau kebijakan, apa yang dikenakan Jokowi juga siap jadi konten viral.
Para pengguna media sosial ternyata sangat menyoroti apa yang dipakai Jokowi. Dari sana mereka mulai berkomentar, jadi perbincangan ramai, dan mulai muncul hal-hal tak terduga atas barang-barang Jokowi.
Berikut ini daftar barang-barang Presiden Jokowi yang jadi viral di media sosial dan menimbulkan beberapa keunikan:
1. Jaket Bomber
Semua berawal dari jumpa pers yang dilakukan Jokowi pada 5 November 2016 dini hari terkait aksi damai 411. Mungkin karena sudah tengah malam dan udara dingin, Jokowi mengenakan jaket jenis bomber berwarna cokelat tua ketika berbicara di hadapan pers.
Jaket bomber adalah jaket tebal, yang menurut sejarah, dipakai pertama kali oleh pilot-pilot pesawat tempur AS ketika Perang Dunia I. Jaket ini kemudian dikenakan banyak artis-artis terkenal di AS dan kini anak muda Indonesia sering terlihat mengenakan jaket bomber. Jokowi sendiri mengaku meminjam jaket itu dari anaknya.
Dalam sekejap, bukan hanya pernyataan yang disampaikan oleh Jokowi, jaketnya juga menjadi bahan pembicaraan para pengguna media sosial. Tagar #JaketJokowi sempat masuk dalam daftar topik paling dibicarakan di Twitter kala itu dan setelahnya muncul banyak pertanyaan seputar jaket tersebut.
Apa mereknya? Harganya berapa? Beli di mana? Jaket bomber Jokowi kemudian menjadi viral, bahkan sempat diberitakan media luar negeri.
Salah satu media asing yang memberitakan ini adalah Reuters. Kantor berita itu menyatakan Jokowi menjadi Presiden yang 'berbeda' karena menggunakan jaket tersebut ketika jumpa pers.
"Presiden (Jokowi) yang biasanya mengenakan kemeja putih sederhana, sekarang menjadi ikon fashion oleh anak-anak muda Indonesia, yang menjadi salah satu negara dengan pengguna media sosial terbesar di dunia," tulis Reuters.
Selanjutnya terungkap jaket Jokowi itu bermerek Zara dan dijual seharga Rp 900 ribu. Jaket itu jadi barang buruan anak muda. Sehari berikutnya, jaket ini terjual habis di butik Zara di Grand Indonesia, Plaza Indonesia, dan Pondok Indal Mal.
Belum lama ini, Jokowi kembali terlihat mengenakan jaket yang sama ketika sedang melakukan olah raga di Kebun Raya Bogor, pada Sabtu (17/12). Masih berminat mencari jaket bomber Jokowi?
2. Payung Biru
Benda kedua yang mendadak viral setelah digunakan Jokowi adalah payung berwarna biru. Payung ini digunakan oleh Jokowi ketika berjalan kaki dari Istana Merdeka menuju Monas saat berlangsungnya aksi super damai 212 pada 2 Desember lalu. Saat itu cuacanya hujan ringan.
Ia berjalan bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menteri Agama Lukman Hakim, Menkopolhukam Wiranto, dan Panglima TNI Gatot Nurmantyo, untuk melaksanakan salat Jumat bersama para peserta aksi damai di Lapangan Monas.
Seperti kasus jaket bomber, kali ini para netizen kembali menyoroti satu hal unik dari sang Presiden, yaitu payung yang ia pegang sendiri, alih-alih dipegangi oleh Paspampres.
Payung Jokowi pun kemudian menjadi pembicaraan publik di media sosial. Pemilihan warna biru dipertanyakan oleh netizen, yang beberapa di antaranya juga mengutarakan pendapat sendiri alasan Jokowi memilih warna biru.
Menkopolhukam Wiranto, yang ikut berjalan bersama Jokowi saat itu, telah memberikan komentar terkait payung tersebut. Ternyata payung yang digunakan Jokowi adalah payung 'peninggalan' Presiden sebelumnya, yaitu Susilo Bambang Yudhoyono.
Menurut Wiranto, saat itu tidak ada payung lain di istana selain payung bekas pemerintahan sebelumnya. Oleh karena itu, ia jelaskan tidak ada maksud tertentu dari pemilihan warna biru.
3. Sandal Biru
Tidak cukup dengan dua benda tadi, sandal yang dibeli Jokowi pun menjadi perhatian netizen. Jokowi menunjukkan sepasang sandal berwarna biru merek Fladeo melalui foto yang ia unggah di Facebook dan Twitter pada 4 Desember lalu.
Sandal tersebut ia beli di Balikpapan saat blusukan ke E-Walk Balikpapan Superblock. Tampaknya, Jokowi ingin mempromosikan produk-produk lokal melalui unggahannya ini. Ia mengatakan produk-produk Indonesia juga memiliki kualitas yang bagus.
"Mampir ke Balikpapan Superblock beli sandal. Lumayan dapat diskon 50 persen dan tambahan diskon 20 persen. Harga asal Rp 299 ribu, setelah diskon jadi Rp 119 ribu. Produk Indonesia bagus kualitasnya," tulis Jokowi dalam keterangan foto tersebut.
Dalam kolom komentar dari foto itu di Facebook, banyak orang yang mengapresiasi langkah Jokowi dalam mempromosikan produk lokal. Jokowi dianggap memanfaatkan 'kepopulerannya' dalam membuat tren belakangan ini dengan hal positif, yaitu mendongkrak pasar produk Tanah Air.
Terpantau foto tersebut sudah disukai oleh 46 ribu orang dan dibagikan sebanyak 4.600 kali pada 18 Desember 2016. Sementara di Twitter, kicauan foto sandal Jokowi telah mencapai 862 kali reply, 2.7000 retweet, dan 6.400 like.
Sandal tersebut bahkan diakui oleh pihak Fladeo mulai ramai diburu konsumen setelah dipromosikan oleh Jokowi. Dalam kicauan di akun Twitter resmi, Fladeo memperlihatkan foto dari beberapa konsumen yang membeli 'sandal Jokowi'. Bahkan Fladeo memanfaatkan hal ini dengan membuat sebuah komik promosional bergambar Jokowi dan sandal birunya.
4. Laptop
Barang Jokowi terakhir yang mendadak viral di tahun 2016 ini adalah laptop. Jokowi menggunakan laptop ini untuk menyaksikan laga pertama final Piala AFF 2016 antara kesebelasan Indonesia melawan Thailand yang berlangsung di Stadion Pakansari, Bogor, pada 14 Desember 2016.
Saat pertandingan berlangsung, Jokowi sedang melakukan kunjungan kerja ke Iran sehingga tidak dapat menyaksikan langsung perjuangan Timnas Indonesia. Ia pun mengunggah foto dirinya sedang menonton laga tersebut melalui laptop di akun Twitter resmi @jokowi setelah Indonesia berhasil mengalahkan Thailand dengan skor 2-1.
Seperti sebelumnya, netizen kembali menyoroti sisi lain dari foto yang diunggah Jokowi, kali ini adalah laptop yang jadi sorotan. Dalam sekejap, media sosial diramaikan oleh 'laptop Jokowi'.
Banyak yang membicarakan laptop Jokowi dari berbagai sisi, mulai dari merek, spesifikasi, pakai sistem operasi apa, ada aplikasi apa saja, dan sebagainya. Beberapa netizen bahkan berspekulasi sendiri tentang merk laptop Jokowi tersebut dan harganya.
Seorang netizen tampak bergerak cepat setelah laptop Jokowi menjadi viral, dengan membuat sebuah akun bernama @LaptopJokowi yang cukup menghibur.
Menarik untuk melihat di kemudian hari bagaimana Jokowi menciptakan konten viral berikutnya di media sosial yang sepertinya tidak ia rencanakan. Mari saksikan bersama hal lain apa lagi yang mendadak viral dari sang Presiden.

TeknologiMedia SosialTwitterFacebookJokowi

500

Baca Lainnya