• 5

Fenomena Telolet dan Kreativitas yang Muncul Karenanya

Fenomena Telolet dan Kreativitas yang Muncul Karenanya



Ilustrasi Telolet

'Om telolet om' dari Indonesia jadi trending topic dunia. (Foto: Bagus Permadi)

'Telolet" kini bukan sekadar istilah yang hanya diketahui orang-orang di daerah tujuan bus-bus antar kota dan provinsi saja, tetapi telah jadi sorotan dunia begitu para pemusik elektronik berkicau "Om telolet om."
Pembicaraan seputar 'telolet' mulai naik ke permukaan sejak Selasa malam (20/12), ketika Zedd berkicau, "OM TELOLET OM," melalui akun Twitter resminya. Setelah itu, musisi-musisi EDM (Electronic Dance Music) lain ikut meramaikan 'telolet' di media sosial, seperti Hardwell, Major Lazer, Yellow Claw, Martin Garrix, dan Marshmello.
'Telolet' mengacu pada bunyi klakson bus-bus antar kota atau provinsi yang telah dimodifikasi sehingga mengeluarkan bunyi: telolet-telolet. Anak-anak hingga remaja di sejumlah daerah belakangan ini sering berburu bunyi telolet dari sopir bus dengan berdiri di pinggir jalan sambil teriak atau memajang poster "Om telolet om."
Geger telolet ini kemudian dimanfaatkan oleh sejumlah pelaku kreativitas untuk berdagang. Berikkut ini beberapa kreativitas atau produk yang muncul setelah fenomena telolet mencuat.
Di Google Play Store sudah ada beberapa aplikasi yang dapat menghasilkan suara 'telolet' seperti yang dimiliki bus. Aplikasi itu bernama Klakson Telolet, yang telah diunduh 7.000 kali, dan Bus Klakson Telolet, diunduh sekitar seribu kali.

Aplikasi Klakson Telolet di Google Play Store

Aplikasi Klakson Telolet di Google Play Store (Foto: KMB Technologies)
Selain aplikasi, tentunya klakson-klakson 'telolet' yang secara fisik nyata, juga ramai diperjualbelikan di toko-toko online di Indonesia. Klakson ini ada yang bisa digunakan untuk minibus dan juga motor, dengan harga ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Klakson telolet dijual di Tokopedia

Klakson telolet dijual di Tokopedia (Foto: Aylen Store/Tokopedia)
Kreativitas masyarakat Indonesia tak berhenti di situ saja. Setelah viral, beberapa penjual pakaian memanfaatkan momen ini dengan menjual kaus bertuliskan 'telolet', atau 'Om telolet om'. Ada juga topi jenis trucker yang bertuliskan 'Om telolet om' dijual di toko-toko online.

Baju Om Telolet Om di Tees.co.id

Baju Om Telolet Om di Tees.co.id (Foto: Cha-cing/Tees)
Di luar negeri, fenomena telolet diramaikan oleh para musisi EDM yang membuat musik remix, entah itu sekadar iseng atau serius, antara lain grup Firebeatz dari Belanda dan Dillon Francis dari Amerika Serikat.




TeknologiMedia SosialE-commerceTwitterTelolet

500

Baca Lainnya