• 1

Google Mau Berhenti Bikin Mobil Mungil

Google Mau Berhenti Bikin Mobil Mungil


Proyek kendaraan otonom Alphabet dalam divisi Google X selama ini dikenal dengan mobil mungil tanpa setir dan tanpa pedal. Sepertinya mobil mungil itu akan tinggal kenangan, karena Google siap melakukan perubahan teknologi kendaraan otonom.

Google akan berhenti mengembangkan mobil otonomnya sendiri, menurut laporan The Information. Sebagai gantinya, Google akan bermitra dengan produsen mobil yang punya potensi untuk menyediakan layanan kendaraan panggilan dengan mesin otonom pada akhir tahun depan.

Besar kemungkinan Google X akan memfokuskan penelitian dan pengembangannya pada peranti lunak dan sistem pendeteksi untuk mobil pintar, termasuk radar, kamera, GPS, dan sensor

Mobil Google

Mobil mungil tanpa setir dan tanpa pedal hasil pengembangan Google. (Foto: Google Self-Driving Car Project)

Google dan Fiat Chrysler pada Mei lalu telah mengumumkan kemitraan untuk membangun mobil pintar. Fiat Chrysler telah membangun purwarupa kendaraan baru untuk Google yang dasarnya adalah minivan Pacifica.

Langkah menghentikan proyek mobil mandiri oleh Google ini, dilaporkan The Verge merupakan keputusan yang datang dari CEO Alphabet Larry Page dan CFO Ruth Porat.

Jika kabar ini benar adanya, keputusan itu bertolak belakang dengan ambisi pendiri sekaligus Presiden Alphabet Google, Sergey Brin, yang menginginkan perusahaannya mampu membangun solusi mobil otonom dari hulu sampai hilir.

Perusahaan teknologi lain sejauh ini memang fokus pada pengembangan peranti lunak dan sistem deteksi, sementara mobilnya memanfaatkan produk perusahaan otomotif. Uber, contohnya, memanfaatkan Ford Fusion dan Volvo. Sementara Baidu memakai produk dari BMW.

InovasiGoogleMobilOtomotif

500

Baca Lainnya