• 2

Google Pamer Mobil Otonom Pertama Waymo

Google Pamer Mobil Otonom Pertama Waymo



Mobil Pintar Google

Waymo, anak usaha Alphabet yang mengembangkan teknologi mobil otonom, memamerkan kendaraan pertamanya berupa Fiat Chrysler Pacifica dengan berbagai sensor di tepi dan atap mo (Foto: CEO Waymo John Krafcik via Medium)
Alphabet yang merupakan induk usaha Google, kini memang tak lagi memproduksi kendaraan otonomnya sendiri. Mereka memilih bekerja sama dengan perusahaan otomotif yang menyediakan mobil, dan fokus mengembangkan teknologi otonom melalui anak usaha baru.
Untuk menunjukkan keseriusan tersebut, Google menciptakan sebuah perusahaan baru yang secara khusus mengerjakan proyek kendaraan otonom ini, bernama Waymo.
Perusahaan baru langsung membuat gebrakan dengan memberi bocoran wujud mobil hasil pengembangannya berupa Fiat Chrysler seri minivan Pacifica yang telah dipasangkan teknologi otonom. Mobil berwarna putih tersebut tampil beda dari Pacifica kebanyakan karena ditambahkan sensor otonom di tepi dan atap mobil.
CEO Waymo, John Krafcik yang dahulu bekerja untuk proyek mobil pintar Hyundai di Amerika Utara, mengatakan pihaknya telah menggabungkan beberapa teknologi pada sistem radar, kamera, GPS, komputer, sensor, dan peranti lunak lain. Sistem deteksi macam ini populer disebut LiDAR (Light Detection and Ranging).

Waymo

Logo Waymo (Foto: Waymo)
Krafcik mengumumkan mobil tersebut akan mulai mengaspal di jalan raya pada 2017 mendatang. Saat ini, Waymo memiliki 58 kendaraan untuk diuji, termasuk 24 mobil Lexus jenis SUV.
Para pemrogram Waymo saat ini bekerjasama dengan teknisi Chrysler untuk mengintegrasikan teknologi tanpa sopir ini. Waymo telah menguji purwarupa dari mobil-mobilnya, termasuk mengujinya dalam cuaca ekstrem selama 200 jam. Google dan Fiat Chrysler memiliki rencana untuk membuat 100 mobil Pacifica pada Mei 2017.

TeknologiGoogleMobil OtonomWaymo

500

Baca Lainnya