• 9

Hati-hati Terima Telepon dari Nomor Misterius +77

Hati-hati Terima Telepon dari Nomor Misterius +77



Menutup panggilan telepon

Menutup panggilan telepon. (Foto: Video musik Hello by Adele via YouTube)

Waspada jika mendapat panggilan dari nomor seluler yang awalnya memakai prefiks +77. Jika nomor itu tak dikenal, sebaiknya tak perlu diangkat, apalagi ditelepon balik, karena panggilan itu berpotensi menguras pulsa.
Di akhir Desember ini sejumlah orang, khususnya pelanggan Telkomsel, diketahui mendapat panggilan dari nomor awalan +77. Telkomsel gerak cepat memblokir nomor awalan +77 yang teridentifikasi melakukan panggilan berantai ke pelanggan di Indonesia.
Ada beberapa kemungkinan jika pelanggan Indonesia mengangkat panggilan itu. Pertama, bisa jadi tidak ada suara dari si penelepon. Kedua, panggilan bisa juga dialihkan ke layanan premium yang menawarkan konten dewasa. Semakin lama panggilan dilakukan maka semakin besar jumlah pulsa yang terpangkas.
Blogger teknologi Herry SW asal Surabaya, merupakan satu di antara pelanggan Telkomsel yang mendapat panggilan misterius dari nomor +77 itu. Dia berkata mendapat tiga kali panggilan, tetapi tak ada satupun yang terangkat dan dia juga tak melakukan panggilan balik.
Berdasarkan analisisnya yang membaca artikel dari media asing terhadap kasus serupa, Herry berpendapat panggilan ini akan membawa pelanggan ke sebuah layanan konten premium mengandung pornografi.
"Kalau di Indonesia dahulu layanan premium ini dikenal dengan panggilan telepon ke nomor yang depannya 0809 sekian-sekian," kata Herry yang juga mengelola blog Ponselmu.com.
Aksi panggilan berantai ini bukanlah yang pertama kali terjadi di Indonesia, kata Alfons Tanujaya, pakar keamanan siber dari perusahaan Vaksincom yang berbasis di Jakarta. Dia juga berkata bahwa modus yang digunakan para penjahat itu tidak bisa disebut canggih karena hanya mengharapkan korban melakukan telepon balik.
Dia menyarakan para konsumen mematikan fitur telepon internasional jika tak terpakai, untuk mengurangi risiko sambungan ke negara lain dengan biaya selangit. Atau untuk pelanggan pascabayar, disarankan untuk membatasi biaya bulanan guna menjaga biaya yang terlalu tinggi.
"Sebenarnya hal ini merupakan modus lama yang muncul lagi," kata Alfons kepada kumparan.
Pancingan untuk melakukan telepon balik bukan hanya dilakukan melalui panggilan tak terjawab, di beberapa negara pancingan itu juga dilakukan melalui SMS, aplikasi pesan WhatsApp, atau email. Tidak jarang pelaku juga menyertai tautan menuju situs tertentu.
Modus macam ini juga pernah menyerang Jepang pada awal tahun 2000. Warga di sana menyebut panggilan tipuan ini dengan nama 'Wangiri' yang berarti 'sekali dering dan putus'.
Selain kode awal +77, sejauh ini ada 15 nomor prefiks lain yang sering dimanfaatkan para penjahat untuk melakukan panggilan spam ke negara lain. Berikut daftar nomornya:
+221 - Senegal
+222 - Mauritania
+223 - Mali
+224 - Guinea
+225 - Pantai Gading
+226 - Burkina Faso
+227 - Niger
+228 - Togo
+229 - Benin
+257 - Burundi
+265 - Malawi
+92 - Pakistan
+7 - Rusia
+234 - Nigeria
+216 - Tunisia
+375 - Belarusia

Ilustrasi melakukan panggilan telepon

Ilustrasi melakukan panggilan telepon. (Foto: Breakingpic via Pexels.)

Perusahaan telekomunikasi Telkomsel sendiri telah melakukan pemblokiran terhadap sejumlah nomor dengan awal +77 yang teridentifikasi melakukan panggilan spam. Kendati nomor itu berasal dari Rusia atau Kazakhstan, namun sambungannya terlacak berasal dari operator seluler Shinetown dari Hong Kong.
"Sehubungan dengan adanya laporan pelanggan terhadap panggilan dari nomor yang diawali dengan +77, dapat kami sampaikan bahwa panggilan tersebut merupakan panggilan SPAM yang berasal dari luar negeri. Telkomsel telah melakukan pemblokiran atas panggilan internasional dari nomor tersebut," ujar Denny Abidin, GM External Corpcomm Telkomsel.
Operator seluler lain, yaitu Indosat Ooredoo, XL Axiata, dan Smartfren, berkata sejauh ini belum ada laporan panggilan spam yang menimpa pelanggannya. Mereka tetap memantau jika kejadian serupa melanda pelanggan dan siap memblokir nomor yang teridentifikasi mengganggu kenyamanan.

SpamTeknologiSelulerTelekomunikasi

500

Baca Lainnya