• 7

Kominfo Blokir Game 'Fight of Gods' karena Pertarungan Tuhan dan Nabi

Kominfo Blokir Game 'Fight of Gods' karena Pertarungan Tuhan dan Nabi


Game 'Fight of Gods'

Game 'Fight of Gods'. (Foto: PQube Games)
Kementerian Komunikasi dan Informatika mengajukan permintaan blokir konten game "Fight of Gods" di Indonesia kepada platform game Steam karena permainan itu berpotensi melecehkan sejumlah agama.
Game ini mengisahkan pertarungan antara Tuhan, Nabi, dan Dewa, untuk menjawab pertanyaan siapa yang akan memberi pencerahan untuk umat manusia. Dalam cuplikan video game itu, si pengembang memasang keterangan teks, "Who will lead us to englightenment?"
Plt Kepala Biro Humas dan Informasi Kemkominfo, Noor Iza, berkata bahwa surat permintaan untuk blokir konten itu sudah dikirimkan ke Steam pada Rabu (13/9). Pemerintah mendesak agar pemblokiran di Indonesia dilakukan dalam waktu 2 x 24 jam.
"Sepertinya sudah di-take down oleh penyedia game-nya," kata Noor Iza, kepada kumparan (kumparan.com), Kamis (14/9).
Dalam pemblokiran ini, Kemkominfo meminta Steam untuk melakukan blokir dengan cara geo-blocking agar konten Fight of Gods tidak lagi tersedia untuk pengguna Indonesia, tetapi platform Steam itu sendiri tetap bisa diakses.
Game tersebut dikembangkan oleh PQube Games dan dirancang sebagai game adu tarung. Namun, karakter yang bermain di game tersebut dinilai sensitif dan Indonesia sebagai negara beragama, menganggap ini tidak layak dikonsumsi oleh masyarakat.



TeknologiGamePersonal Computer Game Online

500

Baca Lainnya