• 7

Kemkominfo Minta Operator Hadang Panggilan Spam dari +77

Kemkominfo Minta Operator Hadang Panggilan Spam dari +77



Ponsel pintar

Ilustrasi pengguna ponsel pintar. (Foto: Niekverlaan via Pixabay)

Panggilan misterius dari nomor telepon seluler dengan awalan +77 menyerbu pengguna ponsel di Indonesia. Kabar ini sampai ke telingan regulator telekomunikasi, yaitu Kementerian Komunikasi dan Informatika, yang akhirnya angkat bicara mengenai hal itu.
Panggilan ini dapat dipastikan merupakan panggilan spam, namun sampai sekarang belum diketahui maksud dan tujuannya. Nomor dengan prefiks +77 diketahui berasal dari Kazakhstan.
Plt Pusat Informasi dan Humas Kementerian Komunikasi dan Informatika, Noor Iza, mengimbau perusahaan telekomunikasi untuk menghadang pesan spam yang bisa merugikan pelanggan.
"Diminta kepada operator selular untuk pro aktif memberitahu kepada pelanggan/pengguna kemungkinan spam panggilan atau telepon tersebut dan memberi saran yang seharusnya dilakukan oleh pelanggan/pengguna.
Juga apabila ada informasi yg bersifat merugikan dari masukkan telepon tersebut," kata Noor Iza kepada kumparan, Selasa (27/12).
Sejauh ini diketahui banyak pelanggan Telkomsel yang menerima panggilan dari +77 itu. Pihak Telkomsel menyatakan telah melakukan pemblokiran terhadap sejumlah nomor awalan +77 yang melakukan panggilan spam ke pelanggannya.
"Sehubungan dengan adanya laporan pelanggan terhadap panggilan dari nomor yang diawali dengan +77, dapat kami sampaikan bahwa panggilan tersebut merupakan panggilan SPAM yang berasal dari luar negeri," ujar Denny Abidin, GM External Corpcomm Telkomsel kepada kumparan.
Pihak XL Axiata menyatakan kejadian seperti ini tidak terjadi di jaringan atau pelanggannya. Sementara Indosat Ooredoo sedang menyelidiki secara internal terkait kemungkinan tersebut.

SpamTeknologiSelulerTelekomunikasi

500

Baca Lainnya