• 7

Ketika DJ Ternama Kompak Ramaikan 'Om Telolet Om'

Ketika DJ Ternama Kompak Ramaikan 'Om Telolet Om'



DJ Snake mendapat crowd terbanyak di DWP16

Djakarta Warehouse Project 2016 (Foto: )

Jagat media sosial Indonesia sedang dihebohkan oleh fenomena "Om telolet om" yang pagi ini, Rabu (21/12), sukses jadi topik paling diperbincangkan di Twitter karena sejumlah DJ (disc jockey) beken internasional ikut berkicau dan berbicara soal "Om Telolet Om".
Salah satunya adalah musisi EDM (Electronic Dance Music) yang terkenal dengan lagu "Clarity", Zedd. Pada Selasa (20/12) malam, ia berkicau "OM TELOLET OM," di akun Twitter. Sontak, kicauan tersebut menjadi viral dan banyak netizen Indonesia yang langsung menanggapi kicauan Zedd.
Istilah Telolet juga diramaikan oleh netizen yang membanjiri kolom komentar media sosial para selebriti internasional dengan kata "Om telolet om." Orang asing yang tak mengerti maksudnya kemudian bertanya-tanya.
Selain Zedd, tiga musisi EDM yang pernah tampil di Djakarta Warehouse Project , DJ Snake, Dillon Francis, dan Major Lazer, ikut-ikutan berkicau "Om telolet om".

Lalu, apakah mereka sebenarnya tahu apa itu "Om telolet om"? Musisi EDM beken lainnya, The Chainsmokers dan Martin Garrix, kebingungan dengan kata tersebut. "Om telolet om itu artinya apa?" kicau The Chainsmokers. Lalu, ada Yellow Claw yang mempertanyakan arti "Om telolet om" melalui Instagram.


Seiring waktu berjalan, sepertinya beberapa musisi mulai paham dengan maksud dari "Om telolet om". DJ kelahiran Belanda, Hardwell, mengunggah sebuah video yang menampilkan dirinya sedang naik bus dan membunyikan klakson di bus yang ia gunakan untuk tur konser. Hardwell baru saja berkunjung ke Jakarta pada awal bulan Desember ini bersama Martin Garrix, Yellow Claw, dan Zedd, untuk bermain di Djakarta Warehouse Project 2016.
DJ yang sedang naik daun, Marshmello, tak mau kalah dengan mengunggah fotonya yang sedang berada di dalam bus dan menyelipkan keterangan "Om telolet om," di akun Twitter-nya. Satu alumni Djakarta Warehouse Project lain, Kaskade, memberikan komentar seputar fenomena 'telolet' ini. "Saya tidak butuh bus untuk mendengarkan suara klakson. Saya punya mobil sendiri," kicau Kaskade.

'Telolet' yang sedang tren sekarang ini mengacu pada bunyi klakson bus-bus antar kota atau provinsi di Indonesia. Bunyi klakson ini tentu saja sudah melewati proses modifikasi sehingga menimbulkan suara unik seperti: telolet telolet.
Banyak anak-anak di beberapa daerah dengan sengaja menunggu bus-bus di pinggir jalan untuk berburu dan menikmati suara klakson telolet. Ketika menunggu bus, mereka biasanya teriak, "Om telolet om!" Ada juga yang membuat poster "Om telolet om" untuk dibawa ke pinggir jalan raya. Anak-anak ini kemudian merekam video kegiatan mereka dan mengunggahnya di Facebook dan YouTube.

UnikTeknologiMusikMedia SosialTeloletTwitter

500

Baca Lainnya