• 1

Menhub Komentari Rencana Hyperloop di Indonesia

Menhub Komentari Rencana Hyperloop di Indonesia


Budi Karya Sumadi

Budi Karya Sumadi (Foto: Aditia Noviansyah/kumparan)

Konsep kereta super cepat Hyperloop yang dikembangkan Hyperloop Transportation Technologies (HTT) ramai dibicarakan dalam sepekan terakhir ini. Walau masih dalam tahap studi, langkah HTT dalam melakukan uji kelayakan moda transportasi canggih itu di Indonesia banyak mendapatkan apresiasi, bahkan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya.
Budi berkata kementeriannya sangat antusias dengan transportasi jenis baru dan membuka pintu lebar jika HTT hendak memperlihatkan teknologi dan proyek mereka ke Kementerian Perhubungan. Tetapi, dia belum berani bicara banyak apalagi janji soal implementasi Hyperloop di Indonesia.
"Saya tidak berani ngomong kapan (soal Hyperloop terealisasi-red). Itu teknologinya canggih sekali. Di Amerika pun masih research," kata Budi saat ditemui kumparan (kumparan.com) di Kantor KPK, Jakarta, Senin (13/3).
HTT sendiri pada 8 Maret lalu menandatangani kesepakatan dengan pihak swasta untuk melakukan studi kelayakan untuk menghubungkan beberapa daerah di pulau Jawa dan Sumatera. Kesepakatan itu berisi nilai kontrak 2,5 juta dolar AS.
Budi sejauh ini enggan menjawab prediksi lokasi yang cocok untuk memanfaatkan Hyperloop karena semua hal terkait teknologi ini masih perlu dikaji, mulai dari investasinya, fungsinya, integrasi dengan moda transportasi lain, sampai dengan kecepatannya.

Kita belum bisa menetapkan Hyperloop itu mau ditetapkan di mana. Kita mengapresiasi itu tapi kita sedang mengkaji lebih jauh secara detail, apa itu visible, apakah itu bagus.

- Budi Karya, Menteri Perhubungan RI


Hyperloop yang dikembangkan HTT ini menjanjikan transportasi kereta peluru kapasitas 40 orang yang diklaim dapat menempuh perjalanan dari Jakarta menuju Yogyakarta dalam waktu 25 menit. Lalu, Jakarta ke Bandung dijanjikan bisa ditempuh selama 9 menit, dan dari Jakarta ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta hanya lima menit.
Sejauh ini, prediksi tersebut masih berupa wacana. Masih jauh dari kata nyata.
HTT merupakan perusahaan yang didirikan pada November 2013 oleh JumpStarter, melalui platform inkubator urun daya (crowdsourcing) dan urun dana (crowdfunding) bernama JumpStartFund. Perusahaan ini berbasis di Culver City, California. Perusahaan ini mengkolaborasikan beberapa nama perusahaan dalam mengembangkan sistem teknologi transportasi Hyperloop, seperti Atkins, Leybold Corporation, dan Deutsche Bahn.
Hyperloop sendiri sejatinya adalah konsep moda transportasi super cepat yang idenya digagas oleh miliarder Elon Musk. Hyperloop versi Musk digarap oleh perusahaannya bernama SpaceX dengan mimpi melakukan revolusi transportasi darat.
Kendati demikian, HTT sama sekali tidak berafiliasi dengan Musk. HTT tidak merekrut Musk. Musk tidak mendanai HTT. Hanya HTT yang mengadopsi ide Musk.
Hyperloop versi Musk sendiri digarap oleh perusahaannya bernama SpaceX dengan mimpi melakukan revolusi transportasi darat.

TeknologiKemenhubTransportasiHyperloopBudi Karya

500

Baca Lainnya