• 2

Nissan, Renault dan Mitsubishi, Bersatu Bikin Mobil Listrik

Nissan, Renault dan Mitsubishi, Bersatu Bikin Mobil Listrik



Nissan Leaf

Nissan Leaf (Foto: Nissan USA via YouTube)
Di tengah upaya perusahaan otomotif membangun mobil listriknya masing-masing, ada tiga perusahaan otomotif yang justru membangun platform mesin kendaraan elektrik bersama-sama dan akan berbagi teknologi. Ketiga perusahaan itu adalah Nissan, Renault, dan Mitsubishi.
Ketiga perusahaan yang berada dalam satu grup otomotif itu, berupaya menurunkan biaya pengembangan dan produksi agar mampu bersaing dengan kendaraan berbahan bakar gas konvensional lain.
Menurut laporan Reuters, strategi ini muncul setelah raksasa otomotif Volkswagen dan Toyota Motor Corp, juga menargetkan produksi massal kendaraaan listrik di tengah maraknya rencana pengurangan emisi dan regulasi bahan bakar di berbagai negara.

Nissan

Kemudi Nissan (Foto: DayronV via Pixabay (CC0 Public Domain))
Kerja sama yang dilakukan dalam Renault–Nissan Alliance selama ini cukup vokal dalam membangun teknologi bebas emisi. Tetapi mereka mengalami kendala dalam menurunkan harga produksi karena keduanya mengembangkan mobil listrik masing-masing.
Kini, ketiga perusahaan itu siap mengembangkan kendaraan listrik yang dipakai pada Nissan Leaf dengan target pemasaran sekitar 2018. Sejumlah komponen kunci yang akan dipakai bersama antara lain motor penggerak, inverter, dan baterai. Langkah ini diharapkan bisa menurunkan pengeluaran biaya produksi pada Leaf.
Nissan telah menjadi pemilik saham mayoritas di Mitsubishi pada Mei 2016, yang sekaligus mengambil kendali atas Mitsubishi. Saham yang akan dibeli Nissan dalam Mistubishi adalah sebesar 34 persen.

InovasiTeknologiMitsubishiRenaultMobilNissanOtomotifBisnis

500

Baca Lainnya