• 3

Panggilan Misterius dari +77 Gempur Pelanggan Seluler Indonesia

Panggilan Misterius dari +77 Gempur Pelanggan Seluler Indonesia



Ilustrasi pengguna ponsel pintar

Ilustrasi pengguna ponsel pintar. (Foto: JÉSHOOTS via Pexels (CC0))

Menjelang berakhirnya tahun 2016, beberapa orang di Indonesia menerima panggilan misterius dari nomor telepon dengan awalan +77. Panggilan ini hanya berupa missed call atau panggilan tak terjawab.
Jurnalis Harian Kompas, Didit Putra Erlangga, merupakan salah satu penerima panggilan misterius tersebut. Didit mengaku bukan hanya dirinya yang mendapat panggilan dari prefiks +77, melainkan teman-temannya bernasib sama.
"Kemarin sekitar jam 11 saya juga dapat misscall dari kode panggilan tersebut, beberapa menit kemudian teman kantor yang mejanya terpaut tidak jauh juga mengaku dapat hal serupa meski dari nomor yang berbeda," tulis Didit melalui akun Facebook pribadi pada 25 Desember 2016.
Terkait hal ini, perusahaan operator telekomunikasi Telkomsel, memberikan tanggapan untuk menjawab beberapa pelanggannya yang menerima panggilan misterius tersebut. Telkomsel sudah memblokir sejumlah nomor dengan awalan +77 yang menghubungi pelanggannya karena dinilai sebagai panggilan spam.
"Sehubungan dengan adanya laporan pelanggan terhadap panggilan dari nomor yang diawali dengan +77, dapat kami sampaikan bahwa panggilan tersebut merupakan panggilan SPAM yang berasal dari luar negeri," ujar Denny Abidin, GM External Corpcomm Telkomsel kepada kumparan.
Denny menjelaskan lebih lanjut, Telkomsel sudah melakukan pemblokiran atas panggilan internasional dari nomor tersebut.
Penelepon dengan awalan +77 itu tidak hanya menggunakan satu nomor, melainkan bermacam-macam dan bisa berkali-kali menghubungi para korban. Prefiks +77 itu diketahui merupakan nomor dari Kazakhstan.
Panggilan misterius ini juga dialami seorang blogger teknologi, Herry SW asal Surabaya, yang mengaku menerima panggilan dari +77 pada 23 Desember lalu pada pukul 08.59 WIB.
"Nomor dengan prefiks +77 itu menghubungi saya sebanyak 3 kali dering, Tapi tidak ada yang terangkat," ujar Herry kepada kumparan.
Herry mengaku tidak tahu apa maksud panggilan tersebut. Ia menduga panggilan misterius ini merupakan layanan premium dan sudah menyerang cukup banyak orang.
Korban lainnya yang juga mendapat panggilan serupa adalah Plt Pusat Informasi dan Humas Kementerian Komunikasi dan Informatika, Noor Iza. Ia juga mengaku pernah mendapatkan telepon seperti itu dan tidak pernah diangkat.
Apa sebenarnya maksud dari panggilan misterius ini?

SpamTeknologiSelulerTelekomunikasi

500

Baca Lainnya