• 3

Pelanggan Digempur Panggilan Spam, Telkomsel Blokir Nomor +77

Pelanggan Digempur Panggilan Spam, Telkomsel Blokir Nomor +77



Telkomsel

Telkomsel, penyedia layanan jaringan di Indonesia (Foto: Antara/Dewi Fajriani)

Operator telekomunikasi Telkomsel belakangan ini dikeluhkan sejumlah penggunanya yang mengaku mendapat panggilan misterius dari nomor luar negeri dengan awalan +77.
Telkomsel mengatakan panggilan ini adalah panggilan spam yang diketahui berasal dari Hong Kong. Pihak Telkomsel sendiri bergerak cepat dan langsung melakukan pemblokiran terhadap nomor dengan prefiks +77 tersebut.
"Sehubungan dengan adanya laporan pelanggan terhadap panggilan dari nomor yang diawali dengan +77, dapat kami sampaikan bahwa panggilan tersebut merupakan panggilan SPAM yang berasal dari luar negeri. Telkomsel telah melakukan pemblokiran atas panggilan internasional dari nomor tersebut," ujar Denny Abidin, GM External Corpcomm Telkomsel, kepada kumparan.
Sejauh ini, orang-orang yang mengeluh tentang panggilan misterius tersebut memang hanya para pengguna Kartu Halo saja.
Beberapa operator lain, seperti Xl Axiata, Indosat Ooredoo, dan Smartfren, mengaku belum mendapat keluhan seperti itu dari para pelanggannya.
"Sejauh ini belum ada pelanggan Smartfren menerima panggilan tersebut," ujar Ciba Gangga, Head of public Relations dari Smartfren.

Hadang Nomor Pelaku
Sebelumnya, Plt Pusat Informasi dan Humas Kementerian Komunikasi dan Informatika, sudah menyampaikan imbauan kepada operator-operator agar memberi tahu pelanggannya atas gangguan panggilan spam.
"Diminta kepada operator selular untuk pro aktif memberitahu kepada pelanggan/pengguna kemungkinan spam panggilan atau telepon tersebut dan memberi saran yang seharusnya dilakukan oleh pelanggan/pengguna. Juga apabila ada informasi yang bersifat merugikan dari masukkan telepon tersebut," kata Noor Iza kepada kumparan, Selasa (27/12).
Sejauh ini belum diketahui tujuan dari panggilan spam tersebut. Sejumlah pelanggan seluler Indonesia yang menerima panggilan dari +77 ini, mengaku kepada kumparan bahwa mereka tidak sampai mengangkat panggilan tersebut.
Herry SW, seorang blogger teknologi asal Surabaya, merupakan seorang yang mendapatkan panggilan dari +77 di nomor Kartu Halo-nya. Ia menduga panggilan tersebut adalah layanan premium yang memakan pulsa jika orang Indonesia menelepon balik.
"Saya menduga itu layanan premium yang menyediakan konten dewasa. Saya sejauh ini telah menerima tiga panggilan, tetapi tidak pernah terangkat," kata Herry kepada kumparan.
Pakar keamanan siber Alfons Tanujaya dari Vaksincom, berkata bahwa kejadian macam ini sudah pernah terjadi beberapa tahun lalu di Indonesia.
Modus seperti ini disebutnya tidak terlalu canggih lantaran hanya mengharapkan korban melakukan telepon balik. Namun, di balik itu, pelaku berupaya mengambil keuntungan finansial jika pelanggan di Indonesia melakukan telepon balik.
Sudah sepatutnya operator seluler di Indonesia melakukan pemblokiran nomor yang teridentifikasi melakukan panggilan berantai ke Indonesia, karena perusahaan telekomunikasi sejatinya memiliki alat untuk melacak aktivitas nomor seluler yang melakukan panggilan dalam jumlah tinggi tetapi hanya melakukan missed call.

SpamTeknologiSelulerTelekomunikasi

500

Baca Lainnya