• 4

Perusahaan Startup Bersiap Kirim Robot ke Bulan

Perusahaan Startup Bersiap Kirim Robot ke Bulan



Robot Hakuto

Kendaraan robotika untuk menjelajahi Bulan yang dikembangkan Hakuto dalam kompetisi Google Lunar X-Prize. (Foto: Hakuto)

Misi mendarat di Bulan kini tak hanya jadi target badan antariksa negara atau perusahaan bermodal besar, karena perusahaan rintisan (startup) sudah mulai berencana untuk mendaratkan robot di satelit alami Bumi itu.
Setelah sebuah startup India mengumumkan siap meluncurkan kendaraan robotikanya ke Bulan pada tahun depan, sekarang giliran startup asal Jepang bernama Team Hakuto, yang mengumumkan bakal meluncurkan kendaraan robotikanya di Bulan pada tahun depan.
Team Hakuto merupakan salah satu kontestan Google Lunar X-Prize, sebuah kompetisi membuat robot yang dapat mendarat dengan selamat, berjalan, dan memotret di Bulan, lalu mengirim gambar ke Bumi. Pengumuman yang disampaikan Selasa (20/12) itu menunjukkan keseriusan Team Hakuto dalam memenangkan kompetisi berhadiah 20 juta dollar AS tersebut.


Media teknologi Gizmodo melaporkan, Team Hakuto akan bermitra dengan Team Indus asal India dalam peluncuran kendaraan robotikanya ke Bulan. Team Indus juga merupakan kontestan dalam Google Lunar X-Prize.
Team Indus sendiri telah memiliki rencana untuk meluncurkan kendaraan hasil pengembangannya pada Desember 2017. Kendaraan itu rencananya bakal diangkut oleh roket yang dikembangkan oleh badan antariksa India, Indian Space Research Organization (ISRO).
Kompetisi Google Lunar X-Prize, dikenal juga dengan julukan "NASCAR on the Moon", menantang perusahaan swasta untuk mengembangkan teknologi yang mampu menjelajah dan mempelajari bulan. Total hadiah yang ditawarkan mencapai 30 juta dollar AS, di mana 20 juta dollar AS akan diberikan kepada tim yang pertama berhasil mendarat ke Bulan, menjelajahinya sejauh 500 meter, serta mengirim foto dan video beresolusi tinggi ke Bumi.
Sementara tim di posisi kedua yang melakukannya diberi hadiah sebesar 5 juta dollar AS. Untuk 5 juta dollar AS terakhir akan diberi kepada perusahaan yang sukses mencapai tantangan tambahan, seperti berjalan ke lokasi pendaratan Apollo atau menemukan air es.

Robot Hakuto

Robot purwarupa yang dikembangkan Team Hakuto dalam kompetisi Google Lunar X-Prize (Foto: Hakuto)

Selain Team Hakuto dan Team Indus, PT Scientist asal Jerman juga mengumumkan telah mengamankan tiket peluncuran ke Bulan tahun depan dalam kompetisi Google Lunar X-Prize. Ada juga SpaceIL asal Israel, serta perusahaan Amerika Moon Express yang akhirnya mendapatkan izin dari regulator penerbangan AS.
Akhir tahun 2016 menjadi batas waktu bagi 16 tim peserta Google Lunar X-Prize untuk mengamankan tiket peluncuran ke Bulan. Tim lainnya berasal dari Chili, Kanada, Brazil, Hungaria, Malaysia, Italia, dan ada tim yang anggotanya gabungan dari sejumlah negara.

TeknologiAntariksaStartupRobotMisi ke Bulan

500

Baca Lainnya