• 0

Setelah Gojek Rangkul Blue Bird, Kini Uber Gandeng Express

Setelah Gojek Rangkul Blue Bird, Kini Uber Gandeng Express



Uber

Aplikasi Uber di ponsel iPhone. (Foto: FreeStock via Pexels)
Perusahaan peranti lunak penyedia jaringan transportasi yang dahulu disebut pengganggu sopir taksi, kini mulai merapat dan menjalin kemitraan dengan operator taksi. Setelah Gojek menjalin kemitraan dengan Blue Bird, kini giliran Uber yang merangkul Express Group.
Uber dan Express mengumumkan kolaborasi pilot programnya berupa integrasi layanan berbagi kendaraan dan pembiayaan di Jakarta. Para mitra pengemudi taksi Express yang masuk dalam program ini, dimungkinkan untuk memakai aplikasi Uber guna menerima pesanan perjalanan UberX.
Dari pihak Express, menyatakan siap untuk memberi pembiayaan dan cicilan kendaraan baru kepada mitra pengemudi Uber. Mobil yang dibeli mitra pengemudi Uber lewat jalur pembiayaan Express tidak akan diberikan identitas atau atribut dari Uber maupun Express.
Chief Operating Officer Express Group, Benny Setiawan mengatakan, kolaborasi ini diharap meningkatkan utilisasi armada Express Group karena akan menarik bagi penumpang. Sementara untuk pengemudi, kolaborasi ini diharap memberi fleksibilitas dan peluang ekonomi yang lebih.
“Sebagai salah satu perusahaan taksi terbesar di Indonesia, kami terus mengeksplor cara-cara baru untuk menciptakan value bagi para stakeholder kami," kata Benny dalam siaran pers.
Head of Business Uber Asia Pacific, Eric Alexander menargetkan, kolaborasi ini menargetkan metode ride-sharing semakin andal bagi penumpang dan membuka peluang ekonomi bagi para mitra pengemudi taksi maupun Uber.
Hubungan operator taksi dengan Uber dan Gojek sebelumnya sempat bersitegang. Protes besar dilakukan pengemudi taksi pada Maret 2016 dan sempat membuat akses jalan Jakarta lumpuh.
Tanda hubungan kedua perusahaan mulai membaik dimulai dari kerja sama antara Gojek dan Blue Bird pada pertengahan 2016. Sayang, kerja sama antara mereka terlihat masih setengah hati padahal sudah enam bulan lebih kesepakatan terjadi. Gojek sejauh ini telah menyediakan aplikasi GoBird Driver di Google Play Store, tetapi aplikasi Gojek belum memungkinkan penggunanya memesan taksi Blue Bird.

TeknologiRidesharingStartupTransportasi OnlineExpress GroupUberTaksiBisnis

500

Baca Lainnya