• 1

Traveloka: CTO Derianto Kusuma Tidak Hadir Saat HUT Kolese Kanisius

Traveloka: CTO Derianto Kusuma Tidak Hadir Saat HUT Kolese Kanisius


Traveloka

Aplikasi Traveloka. (Foto: Jofie Yordan/kumparan)
Hari ini merupakan hari yang buruk bagi situs online travel agent Traveloka. Di media sosial Twitter, beredar ajakan untuk uninstall aplikasi Traveloka, lalu ada juga aksi memberikan satu bintang untuk aplikasinya di Google Play Store sebagai pernyataan kecewa.
Ada apa sebenarnya? Ternyata aksi ini berawal dari kabar bohong alias hoax yang menyebar di media sosial, di mana pendiri dan CTO Traveloka Derianto Kusuma disebut mendukung aksi walk out saat Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sedang berpidato di acara peringatan HUT ke-90 Kolese Kanisius.
Netizen yang termakan hoax itu kemudian marah dan menyerukan menghapus aplikasi Traveloka dengan tagar #UninstallTraveloka yang menjadi trending topic di Twitter.
Padahal, Derianto sebenarnya tidak hadir dalam acara yang diselenggarakan pada Sabtu (11/11) lalu tersebut karena sedang melakukan perjalanan dinas, seperti pernyataan resmi yang diberikan Traveloka. Ia memang diundang untuk menghadiri acara itu karena bakal diberikan penghargaan sebagai alumnus Kanisius berprestasi, namun Derianto berhalangan hadir.
"Kami turut berbangga bahwa salah satu pendiri kami Bapak Derianto Kusuma, menerima penghargaan dari Alumni Kanisius. Akan tetapi beliau berhalangan hadir dikarenakan beliau sedang melakukan perjalanan dinas yang telah direncanakan beberapa bulan sebelumnya," tulis pernyataan resmi Traveloka.

Derianto Kusuma, CTO Traveloka

Derianto Kusuma, CTO Traveloka. (Foto: Derianto Kusuma via Twitter)
Tidak diketahui bagaimana awal mula isu ini menyebar untuk pertama kali, tapi yang pasti hoax seperti ini sangat memprihatinkan. Hingga berita ini ditayangkan, tagar #UninstallTraveloka masih menjadi trending topic dan semakin banyak orang yang terjerumus ke dalam jeratan hoax.
Di acara peringatan ke-90 Kolese Kanisius yang digelar pada Sabtu (11/11) lalu di Jakarta, Anies Baswedan diundang untuk memberikan pidato dalam acara tersebut. Namun, pidato yang diberikan Anies tidak mendapat sambutan baik dari pianis Ananda Sukarlan yang memilih walk out dan kemudian aksi tersebut diikuti tamu lainnya.
Ananda merupakan salah satu alumnus Kanisius yang juga pianis terkenal. Sama seperti Derianto, Ananda juga mendapat penghargaan dalam acara kali ini karena dianggap berprestasi di bidang musik.
Dari hoax yang beredar, Derianto disebut mendukung aksi walk out tersebut dan mengikuti sikap yang diambil Ananda saat Anies berpidato. Namun, nyatanya Derianto tidak hadir dalam acara tersebut.
Hoax masih menjadi masalah besar untuk negara ini.


TeknologiMedia SosialAplikasi MobileTravelTraveloka

500

Baca Lainnya