• 0

Uber Mulai Sediakan Mobil Listrik Tesla

Uber Mulai Sediakan Mobil Listrik Tesla



Uber

Aplikasi Uber di ponsel iPhone. (Foto: FreeStock via Pexels)

Uber begitu agresif menunjukkan diri sebagai perusahaan penyedia jaringan transportasi terdepan, bukan hanya dalam hal pengembangan aplikasi, namun juga dalam menyediakan armada kendaraan dan menentang aturan yang melarangnya.
Uber membawa kabar terbaru di Madrid, Spanyol, dengan menyediakan mobil listrik. Menurut laporan The Verge, mobil listrik yang dilepas Uber di Madrid adalah merek Tesla Model S.
Langkah ini seakan jadi jawaban Uber terhadap pemerintah setempat. Karena, layanan Uber sempat menimbulkan pertentangan lantaran menambah volume kendaraan di jalan sehingga mencemari udara, serta ditentang oleh operator taksi lokal. Oleh karena itu, keberadaan mobil listrik ini merupakan upaya meningkatkan citra Uber di Spanyol.
Armada mobil listrik yang dikeluarkan oleh Uber masuk dalam layanan premium UberOne, yang menawarkan beberapa fitur seperti koneksi Internet gratis dalam mobil.
Sebelumnya, pemerintah kota Madrid telah mengumumkan langkah-langkah dalam mengatasi polusi, mulai dari membatasi kendaraan pribadi hingga memperketat kecepatan kendaraan di jalanan.
"Kami ingin melakukan hal-hal yang sejalan dengan keinginan pemerintah," ujar Managing Director Uber di Eropa Selatan, Carlos Lloret.
Sama seperti di Indonesia, perusahaan-perusahaan taksi lokal di Madrid menentang kehadiran transportasi online seperti Uber. Peraturan pemerintah dan perlawanan dari taksi lokal mampu mengusir Uber dari Spanyol pada akhir 2014. Hakim di Spanyol membuat keputusan yang mengatakan Uber tidak sesuai dengan hukum negara tersebut dan menimbulkan persaingan yang tidak adil.
Uber kemudian kembali ke Madrid pada April lalu dengan UberX, yang berbeda dengan layanan UberPOP sebelumnya, di mana mitra sopirnya menggunakan lisensi mengemudi (SIM) profesional.
"Kami akan senang bisa mendapat lisensi lagi ke depannya, mungkin untuk mobil ramah lingkungan sehingga bisa lebih cocok," ujar Lloret.
Pada akhir Agustus 2016, Uber sudah menerjunkan 50 mobil listrik di Inggris. Bekerja sama dengan Nissan dan perusahaan otomotif asal China, BYD, Uber menawarkan pinjaman mobil listrik BYD E6 dan Nissan Leaf kepada pengemudinya. Mobil listrik ini juga dimasukkan ke dalam daftar mobil yang akan melayani penumpang.

TeknologiTransportasi OnlineAplikasi MobileMobilUber

500

Baca Lainnya