• 7

WiFi Bernama 'Galaxy Note 7' Bikin Batal Penerbangan Pesawat

WiFi Bernama 'Galaxy Note 7' Bikin Batal Penerbangan Pesawat



Pesawat Virgin Airlines

Pesawat Virgin Airlines sedang mengudara. (Foto: Andrew Thomas via Wikimedia)

Penumpang dan kru pesawat Virgin Airlines dari San Francisco menuju Boston dibuat gempar oleh keberadaan sebuah sinyal Wi-Fi yang diberi nama "Galaxy Note 7." Setelah lama mencari tahu siapa pemiliknya, manajemen penerbangan memutuskan untuk membatalkan penerbangan tersebut.
Semua bermula ketika seorang penumpang membuka laptop dan melihat ada sinyal WiFi aktif bernama "Samsung Galaxy Note7_1097" ketika pesawat menunggu semua penumpang masuk.
Aturan penerbangan di Amerika Serikat, bahkan di negara lain, telah melarang penumpang untuk membawa Samsung Galaxy Note 7. Hal ini dikarenakan ponsel tersebut memiliki masalah besar pada baterai yang membuatnya rentan panas dan terbakar. Sudah banyak konsumen yang melaporkan perangkat Galaxy Note 7 meledak ketika diisi daya baterai.
Penumpang yang melihat sinyal WiFi Galaxy Note 7 itu bernama Lucas Wojciechowski, seorang pemrogram peranti lunak di perusahaan Mapbox di San Francisco. Dia mengambil screenshot laptop lalu mempublikasikannya ke Twitter.


Hal ini sampai ke telinga kru kabin dan segera diumumkan kepada penumpang. "Jika ada yang memiliki Galaxy Note 7 tolong hubungi kami."
Menunggu 15 menit, tak ada yang menghubungi kru. Pengumuman kembali disiarkan, "Ini bukan sebuah candaan. Kami akan menyalakan lampu dan memeriksa semua tas sampai kami menemukannya."
Waktu berlalu 15 menit dan belum ada penumpang yang mengaku. Kapten pesawat turun tangan dan berkata akan memutar balik pesawat untuk mencari pemilik ponsel tersebut, kecuali jika ada yang mengaku.
"Saya tidak tahu apakah Anda pernah mengalami pesawat harus diputarbalik pada jam 3 pagi. Biar saya beritahu, tidak ada (toko) yang buka di terminal pada jam segini. Tidak ada," ujar sang kapten, menurut kicauan Twitter milik Wojciechowski.
Penumpang yang memberi nama "Galaxy Note 7" pada sinyal WiFi itu akhirnya menghubungi kru kabin, dan diketahui ponsel yang dipakainya bukanlah Galaxy Note 7.
"Para penumpang, kami telah menemukan perangkat. Untungnya itu hanya perubahan pada nama perangkat. Itu bukan Galaxy Note 7 sungguhan."
Tetapi cerita tak berhenti sampai di situ, karena penerbangan itu akhirnya dibatalkan dan penumpang harus menunggu dua jam untuk penerbangan penggantinya.


Serenity Caldwell, seorang jurnalis yang bekerja untuk iMore, mengaku melihat para penumpang yang menunggu tersebut di bandara. Seorang kru pesawat berkata kepada Caldwell, "Pesawat yang kami tumpangi sudah siap lepas landas tapi ada seorang penumpang yang menyalakan WiFi dengan nama Galaxy Note."

SamsungTeknologiVirgin AirlinesGalaxy Note 7Pesawat

500

Baca Lainnya