News
·
20 Desember 2017 14:14

Investigasi POLITICO: Pemerintahan OBAMA Membiarkan Sindikat Kejahatan Hizbullah Beraksi

Konten ini diproduksi oleh AmerEurope
Investigasi POLITICO: Pemerintahan OBAMA Membiarkan Sindikat Kejahatan Hizbullah Beraksi (950)
Kelompok Hizbullah yang berbasis di Lebanon telah ditetapkan sebagai kelompok teroris oleh beberapa negara termasuk Amerika Serikat. Ketika Drug Enforcement Administration (DEA) Amerika Serikat (AS) menemukan bukti-bukti bahwa kelompok tersebut telah menjelma menjadi sindikat kejahatan internasional untuk mengeruk dana, DEA membentuk Project Cassandra yang bertugas memberangus sindikat tersebut. Aktifitas sindikat ini mencakup penyelundupan obat terlarang dan senjata, pencucian uang dan tindakan kriminal lainnya. Pemasukan dari aktifitas-aktifitas tersebut bisa mencapai USD 1 milyar per tahun.
ADVERTISEMENT
Investigasi dari POLITICO baru-baru ini mengungkapkan bahwa pemerintahan Presiden BARACK OBAMA telah menghambat laju gerak Project Cassandra meskipun Hizbullah yang didukung Iran banyak menyelundupkan kokain ke AS. Alasannya adalah pemerintahan Obama sedang berusaha meloloskan perjanjian nuklir dengan Iran.
Para agen rahasia Project Cassandra berhasil mendeteksi jalur-jalur penyelundupan kokain. Penyelundupan tersebut bisa melewati Amerika Latin menuju Afrika Barat, Eropa dan Timur Tengah. Jalur lain adalah melalui Venezuela dan Meksiko menuju AS.
Hizbullah juga melakukan pencucian uang. Salah satu taktik yang dipakai adalah dengan membeli mobil-mobil bekas di AS dan mengirimkannya ke Afrika.
Investigasi POLITICO: Pemerintahan OBAMA Membiarkan Sindikat Kejahatan Hizbullah Beraksi (951)
Penyelidikan Project Cassandra berhasil membawa mereka ke lingkaran dalam Hizbullah, bahkan negara sponsornya, Iran. Namun ketika mereka semakin dekat ke pusat konspirasi, pemerintahan Obama semakin menghambat penyelidikannya. Ketika para petinggi Project Cassandra meminta persetujuan untuk menyelidiki, menangkap atau menjatuhkan sangsi keuangan, pejabat di Departemen Kehakiman dan Departemen Keuangan selalu menunda, menghalangi dan bahkan menolak permintaan tersebut.
ADVERTISEMENT
Penasehat kampanye Obama di bidang kontra-terorisme, John Brennan, pernah mengatakan bahwa presiden AS berikutnya akan mempunyai kesempatan untuk membuka jalur relasi baru antara dua negara, bukan hanya melalui dialog langsung, melainkan juga melalui asimilasi kelompok Hizbullah ke dalam sistem politik Lebanon.
Brennan yang kemudian diangkat menjadi Direktur CIA juga mengatakan bahwa ada elemen-elemen tertentu di dalam Hizbullah yang mengkhawatirkan AS. Yang harus dilakukan adalah melemahkan kekuatan elemen-elemen tersebut dan menguatkan elemen-elemen yang lebih moderat.
Di bawah pemerintahan Obama, aktifitas Project Cassandra yang bertujuan mematahkan sindikat kejahatan internasional tersebut dan melindungi AS dari aktifitasnya harus dilemahkan demi tujuan lain, yaitu hubungan baik dengan Iran dengan perjanjian nuklirnya.
ADVERTISEMENT