Buzz
·
12 September 2021 17:34
·
waktu baca 2 menit

Pancasila 1945 dan Pancasila Hari Ini

Konten ini diproduksi oleh JOSHUA JORDAN
Pancasila 1945 dan Pancasila Hari Ini (100720)
searchPerbesar
Sumber Gambar: https://unsplash.com/photos/5i3oyOrojvk
Indonesia merupakan negara demokrasi yang memiliki dasar hukum berupa Pancasila. Pancasila sendiri berasal dari bahasa sansekerta, yaitu "panca" yang artinya lima, dan "sila" yang artinya dasar. Lima dasar hukum tersebut menjadi pilar terbentuknya negara kita saat ini, Namun berkembangnya zaman tidak dapat dihindari dan memaksa kita untuk "berubah". Perubahan adalah bagian dari hidup, manusia berubah untuk beradaptasi, namun apakah hukum juga demikian? Bukankah seharusnya hukum juga beradaptasi dengan perkembangan zaman?
ADVERTISEMENT
Pancasila pada tahun 1945 dijunjung lebih tinggi dibandingkan Pancasila hari ini. Pada tahun 1945, lahirnya pancasila merupakan salah satu bentuk hasil perjuangan Indonesia untuk menempuh kemerdekaan. Pada tahun tersebut, Indonesia benar-benar menyatu sebagai sebuah bangsa dan negara yang merdeka. Suku, bangsa, ras, dan agama tidak menjadi penghalang bagi mereka, namun mengapa hal tersebut kini dipermasalahkan? Di mana letak keadilan sosial? Di mana persatuan Indonesia hari ini?
Seperti yang pernah dikatakan Soekarno, bahwa perjuangan beliau lebih mudah karena melawan penjajah, namun perjuangan kita akan lebih sulit karena melawan bangsa sendiri. Mungkin kepentingan bersama sangat genting saat itu, dan saat kepentingan bersama tersebut terpenuhi, permasalahan terdahulu akan terus terulang kembali.
Kepentingan bersama kini tidak lagi diutamakan, persatuan Indonesia sudah terpecah belah. Korupsi menjadi kebiasaan pemerintah, bahkan dana bantuan Covid pun dikorupsi sebesar Rp 17 miliar dan hanya diberikan hukuman 12 tahun penjara (Kompas.com). Kepentingan individu kini menjadi prioritas utama, kemanusiaan yang adil dan beradab sudah hilang.
ADVERTISEMENT
Dasar negara kita tercinta Indonesia, Pancasila hari modern ini sudah semakin luntur dari pandangan masyarakat. Persatuan kembali dipertanyakan, kemanusiaan yang adil dan beradab sudah mati, keadilan sosial kini dibayar tunai, kerakyatan yang dipimpin oleh para penipu, kepercayaan masyarakat pada pemerintah memudar. Mungkin sudah saatnya Pancasila kembali ditegaskan dan diajarkan kembali pada masyarakatnya.
References
Nailufar, N. N. (2020, Agustus Senin). Maksud Ucapan Soekarno:"Perjuanganku Lebih Mudah..." Kompas.com. Retrieved September Minggu, 2021, from https://www.kompas.com/skola/read/2020/08/10/083500369/maksud-ucapan-soekarno--perjuanganku-lebih-mudah--?page=all
Parandaru, I. (2021, Mei senin). Sejarah Pancasila Sebagai Dasar Negara. Kompaspedia.kompas.id. Retrieved September Minggu, 2021, from https://kompaspedia.kompas.id/baca/infografik/kronologi/sejarah-pancasila-sebagai-dasar-negara
Sahara, W. (2021, Agustus Senin). Awal Mula Kasus Korupsi Bansos Covid-19 yang Menjerat Juliari hingga Divonis 12 Tahun Penjara. kompas.com. Retrieved September Minggu, 2021, from https://nasional.kompas.com/read/2021/08/23/18010551/awal-mula-kasus-korupsi-bansos-covid-19-yang-menjerat-juliari-hingga-divonis?page=all
ADVERTISEMENT