• 0

USER STORY

'Lupa' Bernapas di Saat Tidur

'Lupa' Bernapas di Saat Tidur


com-Selfie Tidur

com-Selfie Tidur (Foto: Thinkstock)
Memang tidak semua gangguan penyakit terdengar familiar di telinga kita. Sebagai contoh pernahkah kalian mendengar Sindrom Hipoventilasi? Gangguan ini bisa membuat penderitanya meninggal saat tertidur.
Karena Sindrom Hipoventilasi adalah gangguan yang menyerang kontrol otomatis pernapasan. Akibatnya, Si penderita bisa secara tidak sadar atau "lupa" untuk bernapas secara otomatis. Dan Untuk mencegah agar hal ini tidak terjadi, si penderita harus terhubung dengan alat bantu pernapasan yang menyalurkan oksigen ke dalam paru-parunya setiap kali akan tidur.

Uniknya Penyakit ini memiliki nama lain yang cukup aneh yaitu 'Kutukan Ondine'. Nama Kutukan Ondine ini berasal dari nama seorang peri dalam dongeng Prancis. Alkisah Ondine jatuh cinta pada seorang lelaki bernama Palemon dan akhirnya mereka menikah. Saat itu Palemon berjanji akan mencintai Ondine dalam setiap hembusan napasnya.
Pada suatu hari Ondine memergoki saat Palemon mengkhianatinya. Sang peri pun melontarkan kutukan kepada Palemon. “Kamu berjanji akan setia padaku dalam setiap hembusan napasmu dan aku mempercayainya. Kini buktikan. Selama kamu terjaga, kamu bisa bernapas. Tetapi ketika kamu tertidur, napasmu akan berhenti.’'

ViralPenyakit

presentation
500

Baca Lainnya