Bisnis
·
15 September 2021 10:14
·
waktu baca 2 menit

Kepala Sekolah Masuk Jajaran Pejabat Terkaya RI, Kok Bisa?

Konten ini diproduksi oleh Kabar Bisnis
Kepala Sekolah Masuk Jajaran Pejabat Terkaya RI, Kok Bisa? (81780)
searchPerbesar
Ilustrasi uang rupiah. Foto: Pixabay
Berkat Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), Nurhali masuk ke dalam daftar pejabat negara terkaya di Indonesia. Yang menjadi sorotan publik adalah profesi yang dijalani Nurhali sebagai kepala sekolah SMKN 5 Kota Tangerang.
ADVERTISEMENT
Sejak pertama kali menjabat di tahun 2010 ia secara aktif memberikan laporan terkait pendapatannya. Melalui laman LHKPN yang dilaporkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) diketahui dirinya kini memiliki harta senilai lebih dari Rp 1,6 triliun. Kendati demikian, kekayaannya tersebut tidak diperlihatkan.
Setelah ditelusuri, ternyata angka tersebut tidak diperoleh dari gaji nya sebagai kepsek. Harta yang tercatat itu jika dirinci berupa lima bidang tanah seluas 80 ribu meter persegi di Jakarta Utara senilai Rp 1.601.352.000.000.
Selain itu ia mempunyai satu mobil mewah, Pajero Dakar dengan harga Rp 558 juta dan harta bergerak lain senilai Rp 74 juta. Sementara itu, tercatat utangnya hanya sebesar Rp 46 juta.
Dengan total kekayaannya saat ini ia masuk ke top 4 pejabat terkaya di sisi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf)Sandiaga Uno, Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.
ADVERTISEMENT
Namun, usut punya usut, harta tersebut tak diperoleh dari pendapatannya sebagai kepsek. Ia memilikinya karena itu merupakan warisan dari orangtua istrinya. Bahkan ia mengaku tak mengetahui jumlah tersebut akan dijadikan peringkat. Ia hanya melaporkan sesuai perintah.
Nurhali hidup begitu sederhana dengan harta sebesar itu. Kondisi keluarganya pun terbilang biasa saja tak menunjukkan kemewahan. Bahkan kini tempatnya tinggal dekat dengan kuburan. Kekayaan dan sebutannya sebagai “Kepsek Terkaya” ini tak lantas membuatnya jadi orang yang berbeda.