Mau Kurangi Impor, India Siap Tanam Kelapa Sawit Besar-besaran

Segala informasi soal bisnis, mulai rumor pasar hingga kabar terbaru dunia bisnis.
Konten dari Pengguna
3 Agustus 2022 14:51
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Kabar Bisnis tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi kelapa sawit. Foto: Yogie Hizkia/Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi kelapa sawit. Foto: Yogie Hizkia/Shutterstock
ADVERTISEMENT
India berencana untuk memperluas area kelapa sawit dalam waktu empat tahun ke depan. Langkah itu dianggap bisa mengurangi impor. Ribuan petani dari Telangana di selatan India juga turut sibuk menanam kelapa sawit.
ADVERTISEMENT
Diberitakan Reuters, Telangana menargetkan 2 juta hektare tambahan untuk budi daya kelapa sawit dalam empat tahun ke depan, dan akan berusaha keras untuk mencapai tujuan itu. Dalam upaya itu, India mulai membangun bendungan besar dan saluran irigasi.
Subsidi pemerintah juga mendorong para petani untuk beralih ke kelapa sawit yang disebut berpotensi keuntungan besar dibandingkan dengan tanaman lain. Saat ini kelapa sawit memberikan lebih dari 200.000 rupee India (USD 2.536) per acre kembali ke petani yang menanam tanaman beberapa tahun yang lalu.
Sementara penghasilan dari beras, Daravathu yang merupakan seorang petani mengatakan bahwa ia harus berjuang untuk mendapatkan 40.000 rupee bahkan setelah melakukan banyak usaha. Daravathu menanam kelapa sawit di lahan seluas 5 hektare di Sathupally, hampir 300 km (186 mil) timur Hyderabad, ibu kota negara bagian.
ADVERTISEMENT
Kenaikan harga minyak sawit baru-baru ini telah meningkatkan lebih dari dua kali lipat harga tandan buah segar, yang dijual petani ke pabrik minyak.
Selama bertahun-tahun, volatilitas harga, kelangkaan air, selama hampir empat tahun telah membatasi perkebunan kelapa sawit di India hingga kurang dari 1 juta hektare. Di mana sebagian besar di pesisir Andhra Pradesh, negara bagian tempat Telangana didirikan pada tahun 2014.
Maka dari itu wilayah Telangana yang berada di Dataran Tinggi Deccan akan dibuat sebagai pusat minyak kelapa sawit India. Negeri Bollywood itu juga menargetkan daerah tersebut sebagai penanam kelapa sawit terbesar kelima secara global.