Sandiaga Uno Dorong Peran Taman Rekreasi dalam Kebangkitan Ekonomi

Segala informasi soal bisnis, mulai rumor pasar hingga kabar terbaru dunia bisnis.
Konten dari Pengguna
28 Januari 2022 10:04
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Kabar Bisnis tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Sandiaga Uno Dorong Peran Taman Rekreasi dalam Kebangkitan Ekonomi (5122)
zoom-in-whitePerbesar
Menparekraf Sandiaga Uno dalam workshop KaTa Kreatif, Jumat (10/9). Foto: Dok. Istimewa
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno melihat adanya peluang besar dari taman rekreasi untuk membangkitkan sektor pariwisata serta ekonomi kreatif. Dengan terjadinya kebangkitan ekonomi, peluang terciptanya lapangan pekerjaan juga semakin besar.
ADVERTISEMENT
Hal ini ia sampaikan dalam acara Pelantikan Pengurus DPP Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia (PUTRI), Rabu (26/1). Melalui PUTRI, pemerintah siap bermitra untuk membangkitkan ekonomi dari taman rekreasi.
"Saya melihat puluhan ribu atau bahkan ratusan ribu lapangan kerja yang dapat hadir dari kehadiran taman rekreasi. Oleh karena itu, adalah tugas pemerintah, Kemenparekraf untuk memastikan program-program kita yang tepat sasaran, tepat manfaat, dan tepat waktu," kata Sandiaga Uno, mengutip laman resmi Kemenparekraf, Jumat (28/01).
Menurutnya untuk melakukan kebangkitan ekonomi, taman rekreasi harus terus melakukan inovasi, adaptasi, dan juga kolaborasi.
Selain itu, salah satu kunci utama untuk mengembangkan taman rekreasi di masa pandemi COVID-19 adalah penerapan protokol kesehatan yang ketat dan terintegrasi dengan aplikasi PeduliLindungi.
ADVERTISEMENT
“Kepatuhan dari taman rekreasi dalam penerapan protokol kesehatan akan sangat menumbuhkan kehadiran tren baru pariwisata yang customized, localize, personalize, dan smaller in size,” katanya.
Taman rekreasi juga diajak untuk memaksimalkan peranan ekonomi kreatif agar dapat saling menunjang, hingga menjadikan taman rekreasi sebagai destinasi wisata. Pesan yang sama Sandiaga Uno juga sampaikan untuk desa-desa wisata agar terus memperkuat kapasitas dengan kemampuan marketing yang baik.
"Karena tanpa bisa me-market diri, mereka tidak akan mungkin bisa meningkatkan kualitas serta keberlanjutan dari setiap destinasi," ujar Sandiaga Uno.