Cara Menghilangkan Noda Hitam Bekas Jerawat Secara Alami

Kabar Harian
Menyajikan beragam informasi terbaru, terkini dan mengedukasi.
Konten dari Pengguna
23 Desember 2021 16:45 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Kabar Harian tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi noda hitam bekas jerawat. Foto: iStock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi noda hitam bekas jerawat. Foto: iStock
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Bagaimana cara menghilangkan noda hitam bekas jerawat secara ampuh? Seperti yang diketahui, noda hitam bekas jerawat memang sangat mengganggu penampilan.
ADVERTISEMENT
Bekas jerawat yang ditimbulkan pada saat jerawat hilang sebenarnya adalah proses penyembuhan dan perbaikan pada jaringan kulit.
Selama proses ini berlangsung, kulit akan memproduksi kolagen, yaitu sebuah zat yang berfungsi untuk memperbaiki jaringan kulit.
Kelebihan produksi kolagen pada kulit dapat mengakibatkan kulit menjadi terangkat dan menimbulkan flek serta bintik-bintik hitam.
Sementara saat terjadi kekurangan kolagen, maka kulit menjadi berlubang. Hal ini membuat kelebihan maupun kekurangan kolagen pada saat perbaikan jaringan kulit menjadi masalah.
Bekas jerawat sebenarnya dapat hilang selang beberapa bulan semenjak jerawat sembuh, meskipun ada pula sebagian kondisi yang membuat jerawat sangat sulit hilang yang akhirnya menimbulkan bekas kehitaman pada wajah.
Lalu, bagaimana cara menghilangkan noda hitam bekas jerawat? Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk mempercepat hilangnya noda hitam bekas jerawat, baik dengan memakai obat-obatan maupun cara alami.
ADVERTISEMENT
Cara menghilangkan bekas jerawat secara alami menjadi salah satu cara yang paling tidak berisiko dan dapat dilakukan oleh siapa pun.
Untuk mengetahui cara apa saja yang bisa dilakukan untuk membantu menghilangkan noda hitam bekas jerawat, simak selengkapnya di bawah ini.

Cara Menghilangkan Noda Hitam Bekas Jerawat

Dikutip dari The Secret of Flight Attendant yang diterbitkan Growing Publishing, berikut beberapa cara menghilangkan noda hitam bekas jerawat secara alami.
1. Menggunakan Perasan Jeruk Nipis
Ilustrasi jeruk nipis. Foto: iStock
Jeruk nipis dapat digunakan untuk menyembuhkan bekas luka, termasuk noda hitam bekas jerawat, serta meremajakan kulit wajah karena mengandung asam alfa hidroksi alami (AHA).
Cara pemakaiannya adalah dengan memeras air jeruk nipis kemudian oleskan pada wajah sampai merata. Setelah itu, diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air bersih. Lakukan cara ini dengan rutin minimal 3 kali dalam 1 minggu.
ADVERTISEMENT
2. Menggunakan Madu
Ilustrasi madu. Foto: iStock
Madu dapat digunakan untuk membersihkan jerawat serta membantu menghilangkan bekas jerawat. Madu juga memiliki fungsi sebagai pelembap alami yang bersifat antibakteri dan dapat menetralisir zat-zat yang ada pada kulit wajah serta dapat mengurangi peradangan.
Cara pemakaiannya adalah dengan mengoleskan madu langsung pada wajah yang memiliki noda hitam bekas jerawat.
Perlu dipastikan bahwa madu yang dipakai adalah madu alami, bukan madu olahan pabrik.
3. Menggunakan Lidah Buaya
Ilustrasi lidah buaya. Foto: iStock
Lidah buaya kaya akan kandungan vitamin yang dapat menyembuhkan bekas jerawat serta bekas luka. Selain itu, gel dari lidah buaya ini dapat menyehatkan kulit wajah.
Cara pemakaiannya cukup mudah, yaitu dengan memotong lidah buaya kemudian memeras isinya hingga gel keluar.
ADVERTISEMENT
Setelah itu, oleskan gel lidah buaya ke seluruh wajah dengan cara dipijit-pijit ringan sampai meresap ke kulit dan diamkan selama kurang lebih 30 menit. Jika sudah selesai, bilas dengan air bersih atau air hangat.
4. Menggunakan Tomat
Ilustrasi tomat. Foto: iStock
Tomat mengandung vitamin A dan C yang memiliki banyak khasiat untuk wajah, salah satunya untuk mempercepat penyembuhan bekas jerawat.
Cara pemakaiannya adalah dengan memotong tipis tomat, kemudian tempelkan pada wajah yang memiliki bekas jerawat dan diamkan sekitar 25-30 menit. Setelah itu, bilas dengan air bersih.
Lakukan perawatan ini secara rutin seminggu 3 kali agar noda hitam bekas jerawat cepat hilang.
5. Menggunakan Es Batu dan Teh Hijau
Ilustrasi teh hijau. Foto: iStock
Teh hijau mempunyai sifat antiinflamasi yang dapat melengkapi efek dingin es.
ADVERTISEMENT
Cara pemakaiannya adalah dengan menyiapkan teh hijau, kemudian jadikan es batu dengan memasukkannya ke dalam freezer. Gunakan es batu dari teh hijau dengan cara mengoleskannya pada wajah selama 1 atau 2 menit hingga kulit terasa mati rasa.
(SFR)