4 Cara Menghilangkan Komedo di Hidung dengan Mudah

Menyajikan beragam informasi terbaru, terkini dan mengedukasi.
Konten dari Pengguna
12 Januari 2022 11:46
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Kabar Harian tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
4 Cara Menghilangkan Komedo di Hidung dengan Mudah (477208)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi menghilangkan komedo dengan clay mask. Foto: Pexels.com
Bagaimana cara menghilangkan komedo? Pertanyaan itu mungkin banyak dilontarkan oleh mereka yang memiliki komedo di wajahnya. Sebenarnya cara menghilangkan komedo tidak begitu sulit. Bahkan kamu bisa melakukannya sendiri di rumah.
ADVERTISEMENT
Pada dasarnya penyebab seseorang mempunyai komedo, yaitu karena pori-pori tersumbat. Jika begitu, sel kulit mati dan minyak berlebih pada wajah tidak akan bisa keluar sehingga terjadi penumpukan.
Adapun pori-pori yang tersumbat disebabkan oleh beberapa faktor. Misalnya, stres, hormon yang tak stabil, memakai produk kosmetik atau perawatan kulit yang tidak tepat, dan mengonsumsi makanan tertentu.
Lantas, bagaimana cara menghilangkan komedo dengan tepat? Untuk lebih jelasnya, simak uraian di bawah ini.

Menghilangkan Komedo Menggunakan Pore Pack

Cara menghilangkan komedo yang pertama, yakni menggunakan pore pack. Bagi yang belum tahu, pore pack memiki bentuk seperti plester yang berfungsi untuk melepaskan bagian lapisan kulit yang teratas. Dengan memakai perekat tersebut, komedo juga akan ikut terangkat.
ADVERTISEMENT
Metode yang satu ini bersifat sementara karena pore pack tidak bisa mengatur produksi minyak di kulit. Sehingga terdapat kemungkinan komedo akan datang lagi.
Namun metode ini cocok dilakukan saat ingin tampil tanpa komedo karena dapat diaplikasikan dalam waktu yang singkat. Misalnya saat malam hari kamu menggunakan pore pack, di pagi hari komedo pun akan hilang.

Menghilangkan Komedo Menggunakan Clay Mask

Melansir www.ncbi.nlm.nih.gov, clay mask adalah masker yang terbuat dari beberapa jenis tanah liat. Masker ini mampu membersihkan kulit dari minyak berlebih, mengecilkan pori-pori, hingga mengangkat kotoran dari pori-pori yang tersumbat.
Jika dibandingkan dengan pore pack, jenis masker ini dinilai lebih ampuh untuk menarik lapisan kulit. Clay mask bekerja dengan masuk ke pori-pori, lalu secara bertahap akan mengeluarkan kotoran dan minyak.
ADVERTISEMENT
Sekarang ini sudah banyak produk clay mask yang tersedia di pasar. Kamu bisa membelinya di toko daring maupun secara langsung sesuai kebutuhanmu.

Menghilangkan Komedo Menggunakan Retinoid

4 Cara Menghilangkan Komedo di Hidung dengan Mudah (477209)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi wajah tanpa komedo. Foto: Pexels.com
Cara menghilangkan komedo juga dapat menggunakan krim yang memiliki kandungan retinoid. Menurut jurnal berjudul Why Topical Retinoids Are Mainstay of Therapy for Acne karya James Leyden, selain menghilangkan komedo, retinoid juga bisa meningkatkan regenerasi sel kulit hingga mengurangi munculnya kerutan.
Kamu bisa menggunakan krim retinoid berdasarkan resep dari dokter agar hasilnya lebih efektif dan aman. Wanita yang sedang hamil sebaiknya tidak menggunakan krim retinoid dalam jumlah atau takaran berlebih karena akan mengganggu perkembangan janin.

Menghilangkan Komedo Menggunakan Baby Oil

Baby oil atau minyak bayi ternyata juga bisa mengatasi permasalahan komedo pada kulit. Menurut International Journal of Cosmetic Science, di dalam baby oil terkandung minyak mineral yang mampu mengatasi masalah pada kulit wajah, salah satunya komedo.
ADVERTISEMENT
Minyak yang terdapat pada mineral bersifat non-comedogenic atau tidak akan menyumbat pori, sehingga minyak jenis ini cocok dipakai untuk menghilangkan komedo.
(ZHR)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020