7 Contoh Paragraf Deduktif, Pengertian, dan Ciri-cirinya

Menyajikan beragam informasi terbaru, terkini dan mengedukasi.
Konten dari Pengguna
28 April 2022 20:09
·
waktu baca 6 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Kabar Harian tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
7 Contoh Paragraf Deduktif, Pengertian, dan Ciri-cirinya (163324)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi paragraf deduktif yang ditemukan pada tulisan akademis. Foto: Pixabay
ADVERTISEMENT
Dalam pelajaran Bahasa Indonesia, paragraf adalah susunan dari beberapa kalimat yang berisi sebuah gagasan/ide. Berdasarkan letak gagasan utamanya, paragraf dibedakan menjadi paragraf deduktif dan paragraf induktif. Apa saja contoh paragraf deduktif?
ADVERTISEMENT
Sebelum membahas contoh paragraf deduktif, pahami dulu pengertian paragraf. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), paragraf adalah bagian bab dalam suatu karangan yang biasanya mengandung satu ide pokok dan penulisannya dimulai dengan garis baru.
Paragraf yang mengandung ide pokok menandakan bahwa di dalam satu paragraf bisa terdapat satu pikiran utama. Pikiran utama juga sering dikenal sebagai gagasan utama. Gagasan utama sendiri merupakan sebuah ide atau gagasan yang menjadi inti pembahasan di dalam sebuah paragraf.
Oleh sebab itu, ketika mempunyai lebih dari satu pikiran utama, penulis harus membuat dua atau lebih paragraf. Hal ini perlu dilakukan agar pikiran utama yang ingin disampaikan dapat diterima oleh pembaca.
Dapat disimpulkan bahwa paragraf yang ada di dalam suatu tulisan bisa dibilang cukup penting, karena bisa menentukan bagian awal dan akhir dari suatu tulisan. Selain itu, adanya paragraf akan memudahkan pembaca dalam memahami pesan atau makna yang ada di dalam sebuah tulisan.
7 Contoh Paragraf Deduktif, Pengertian, dan Ciri-cirinya (163325)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi menemukan ide pokok yang terletak di awal paragraf. Foto: Pixabay

Apa Itu Paragraf Deduktif?

Dalam buku Get Success UN Bahasa Indonesia terbitan Grafindo, paragraf deduktif adalah sebuah paragraf yang gagasan atau ide utamanya berada pada awal atau baris pertama di sebuah paragraf.
ADVERTISEMENT
Biasanya, paragraf deduktif diawali dengan pernyataan yang bersifat umum, dilanjutkan dengan penjelasan yang khusus dan mendukung pernyataan umum berupa contoh, bukti, rincian khusus dan lain sebagainya.
Arti deduktif sendiri adalah sesuatu yang bersifat deduksi, bisa dimaknai sebagai sesuatu yang dimulai dari hal-hal bersifat umum, untuk kemudian menuju hal-hal khusus.
Dengan kata lain, penulis akan menjelaskan pokok permasalahan terlebih dahulu, baru dilanjutkan dengan menjelaskan beberapa hal yang berhubungan dengan pikiran utama.
Pada intinya, struktur paragraf deduktif berkembang dari makro ke mikro, yakni dimulai dari menjelaskan sebuah gambaran besar dan dikembangkan ke gagasan yang lebih spesifik. Jenis paragraf deduktif umumnya ditemui dalam tulisan akademis.
7 Contoh Paragraf Deduktif, Pengertian, dan Ciri-cirinya (163326)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi menulis paragraf deduktif dengan menggunakan ciri-ciri tertentu. Foto: Pixabay

Ciri-Ciri Paragraf Deduktif

Menurut Sri Sutarni, S.Pd. dalam buku BAHASA INDONESIA 2 SMA Kelas XI, untuk membedakan paragraf deduktif dengan yang lainnya, pahami ciri-ciri berikut ini.
ADVERTISEMENT

1. Ide Pokok Terletak di Awal Paragraf

Sesuai dengan pengertiannya, paragraf deduktif memiliki gagasan utama pada awal paragraf atau di awal kalimat. Setelah paragraf utama, umumnya dilanjutkan dengan kalimat penjelasan. Tujuan peletakan gagasan utama atau ide pokok di awal paragraf ini adalah untuk menjadi dasar pengembangan suatu tulisan.

2. Pola Paragraf Dimulai dari Umum ke Khusus

Ciri-ciri paragraf deduktif berikutnya adalah pola pengembangannya dimulai dari hal-hal yang umum dan dilanjutkan ke pola-pola khusus. Bisa dikatakan, paragraf deduktif bila digambar akan berbentuk prisma terbalik, yaitu dimulai dari hal-hal yang umum, kemudian diakhiri dengan kalimat khusus.

3. Dimulai dengan Kalimat Pernyataan Umum

Seperti yang telah dijelaskan, paragraf deduktif dimulai dengan kalimat pernyataan umum. Pernyataan umum ini maksudnya adalah pernyataan yang memaparkan gagasan-gagasan secara luas, tetapi tetap memuat gagasan utama.

4. Kalimat Utama Dibuat Lebih Fokus

Kalimat utama yang diperincikan ini bertujuan untuk menjelaskan gagasan utama dari paragraf tersebut.
7 Contoh Paragraf Deduktif, Pengertian, dan Ciri-cirinya (163327)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi menulis paragaraf deduktif dengan berbagai tema. Foto: Pixabay

Perbedaan Paragraf Deduktif dan Paragraf Induktif

Paragraf induktif adalah paragraf yang kalimat utamanya terletak di akhir paragraf. Jenis paragraf induktif diawali dengan kalimat-kalimat penjelas berupa fakta, contoh, rincian, atau bukti yang kemudian disimpulkan pada kalimat akhir paragraf.
ADVERTISEMENT
Paragraf deduktif dan paragraf dapat dibedakan dengan mudah ternyata. Untuk membedakan di antara keduanya, berikut hal-hal yang perlu diperhatikan:

1. Letak pada Kalimat Utama

Paragraf deduktif memiliki kalimat utama atau gagasan utama yang terletak di awal paragraf. Sementara pada paragraf induktif, kalimat utama atau gagasan utama terletak di akhir kalimat.

2. Pola Kalimat

Paragraf deduktif yang tersusun dari beberapa kalimat memiliki pola umum-khusus. Sementara itu, paragraf induktif memiliki pola yang berbeda, yaitu kalimatnya berpola khusus-umum.

3. Isi dari Kalimat Utama

Kalimat utama paragraf deduktif terletak di awal paragraf, kalimatnya berisi tentang pernyataan yang bersifat umum. Sementara paragraf induktif, kalimat utamanya berada di akhir paragraf dan kalimatnya mengandung kesimpulan dari suatu pembahasan yang ada di paragraf.
7 Contoh Paragraf Deduktif, Pengertian, dan Ciri-cirinya (163328)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi membuat paragaraf deduktif dengan berbagai tema. Foto: Pixabay

Contoh Paragraf Deduktif

Dihimpun dari buku Cerita Ihsan terbitan Tim Cerdika, berikut ini contoh-contoh paragraf yang termasuk jenis paragraf deduktif.
ADVERTISEMENT

Contoh 1

Tenaga kerja yang diperlukan dalam persaingan bebas adalah tenaga kerja yang mempunyai etos kerja tinggi, yaitu tenaga yang pandai, terampil, dan berkepribadian. Tenaga kerja yang pandai adalah tenaga kerja yang mempunyai kemampuan akademis memadai sesuai disiplin ilmu tertentu. Terampil artinya mampu menerapkan kemampuan akademis yang dimiliki disertai kemampuan pendukung yang sesuai untuk diterapkan agar diperoleh hasil maksimal. Sementara itu, tenaga kerja yang berkepribadian adalah tenaga kerja yang mempunyai sikap loyal, disiplin, dan jujur.

Penjelasan: Gagasan utamanya terletak pada baris dan kalimat pertama paragraf, yaitu "Tenaga kerja yang diperlukan dalam persaingan bebas adalah tenaga kerja yang mempunyai..."

Contoh 2

Zaki seorang atlet yang multitalenta. Selain menjadi atlet olahraga voli, Zaki juga seorang fotografer yang sering pergi ke berbagai tempat yang indah untuk mengambil foto. Bakat yang dimiliki Zaki dalam olahraga voli, pernah mewakili juara Indonesia memenangkan Olimpiade pada tiga tahun yang lalu. Selain voli, Zaki juga masih sering bermain bola dengan teman sekampungnya. Bukan berarti dia tidak bisa dalam olahraga lain, justru dia mahir dalam beberapa bidang olahraga.

ADVERTISEMENT
Penjelasan: Gagasan utamanya terletak pada baris dan kalimat pertama paragraf, yaitu "Zaki seorang atlet yang multitalenta…"

Contoh 3

Kasus penganiayaan terhadap anak masih merajalela di negara Indonesia. Banyak anak kecil yang menjerit kesakitan karena dipukuli oleh orang tuanya. Di berbagai wilayah juga melaporkan kepada pihak kepolisian bahwa ada penganiayaan terhadap anak kandung mereka sendiri. Banyak warga yang tidak bisa berbuat apa-apa, dan hanya bisa prihatin melihat kejadian itu. Maka itu, untuk keberlangsungan hidup yang sejahtera, diharapkan kepada warga yang melihat atau mengetahui kejadian serupa, bisa langsung menghubungi pihak berwajib.

Penjelasan: Gagasan utamanya terletak pada baris dan kalimat pertama paragraf, yaitu "Kasus penganiayaan terhadap anak masih merajalela di negara Indonesia".

Contoh 4

Sekolah Dasar Islam Al-Huda diakui oleh desa sebagai sekolah terfavorit di wilayah Kecamatan Brondong. Sekolah ini berbasis pendidikan Islam. Di dalam kurikulumnya hampir seluruh harinya ada pelajaran membaca Al-Qur’an. Sekali dalam seminggu, mengenakan baju koko. Bukan baju koko biasa, tetapi baju tersebut didesain sebagai seragam resmi murid SDI Al-Huda.

ADVERTISEMENT
Penjelasan: Gagasan utamanya terletak pada baris dan kalimat pertama paragraf, yaitu "Sekolah Dasar Islam Al-Huda diakui oleh desa sebagai sekolah terfavorit di wilayah Kecamatan Brondong..."

Contoh 5

Kemacetan merupakan hal yang sering dijumpai di beberapa kota besar di Indonesia. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu volume kendaraan yang sudah tinggi dan melampaui target. Selain itu, masih banyaknya aparat yang kurang tegas dalam menindak pelanggar lalu lintas ,dan tingkat kesadaran masyarakat yang kurang disiplin makin mengakibatkan kemacetan tidak terkendali.

Penjelasan: Gagasan utamanya terletak pada baris dan kalimat pertama paragraf, yaitu "Kemacetan merupakan suatu hal yang biasa dijumpai di beberapa kota besar di Indonesia".

Contoh 6

Orang pendiam tidak sepantasnya dijauhi atau dianggap aneh. Hal itu karena, enggak selamanya orang yang pendiam adalah pecandu narkoba, berkepribadian sombong, penderita kelainan jiwa, atau seorang teroris. Orang pendiam cuma orang yang tidak pandai banyak bicara sekaligus tak terlalu senang ada di tempat ramai terlalu lama.

ADVERTISEMENT
Penjelasan: Gagasan utamanya terletak pada baris dan kalimat pertama paragraf, yaitu "Orang pendiam enggak sepantasnya dijauhi atau dianggap aneh".

Contoh 7

Bekerja di perusahaan rintisan atau startup mempunyai beberapa kelebihan. Pertama, kamu bisa berlatih membangun perusahaan dari nol secara langsung. Kedua, kamu bisa bekerja di posisi mana saja yang tersedia di perusahaan, jadi kamu bisa belajar banyak hal dan kemampuan makin meningkat.

Penjelasan: Gagasan utamanya terletak pada baris dan kalimat pertama paragraf, yaitu "Bekerja di perusahaan rintisan atau startup mempunyai beberapa kelebihan".
(VIO)
Apa contoh deduktif?
chevron-down
Apa itu paragraf deduktif?
chevron-down
Apa itu paragraf induktif?
chevron-down
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020