9 Cara Menghilangkan Cegukan Saat Puasa Tanpa Minum Air

Menyajikan beragam informasi terbaru, terkini dan mengedukasi.
Konten dari Pengguna
20 April 2022 18:18
·
waktu baca 5 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Kabar Harian tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
9 Cara Menghilangkan Cegukan Saat Puasa Tanpa Minum Air (38066)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi cegukan saat sedang berpuasa. Foto: Pixabay
ADVERTISEMENT
Cara menghilangkan cegukan saat puasa dapat dilakukan dengan beberapa langkah mudah. Bahkan, keluhan ini dapat diatasi tanpa harus membatalkan puasa.
ADVERTISEMENT
Pada umumnya, untuk mengatasi cegukan terbilang cukup mudah, yakni dengan meminum segelas air putih dan menunggunya sejenak. Sayangnya, cara ini tidak bisa dilakukan ketika sedang berpuasa.
Selain menyebabkan munculnya suara “hik”, cegukan juga menimbulkan sensasi tertekan di bagian dada, perut, sampai tenggorokan. Tentu saja hal ini akan menambah rasa tidak nyaman dan membuat seseorang ingin segera menghilangkan cegukan.
Umumnya, cegukan berlangsung selama beberapa detik hingga menit. Setelah itu, gejala-gejala cegukan akan hilang dan kondisi tubuh kembali normal. Namun, waspadai jika cegukan terjadi terus-menerus dan tidak kunjung berhenti. Bisa jadi, hal ini merupakan pertanda adanya gangguan kesehatan yang lebih serius.
9 Cara Menghilangkan Cegukan Saat Puasa Tanpa Minum Air (38067)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi mencoba mengatasi cegukan tanpa membatalkan puasa. Foto: Pixabay

Penyebab Cegukan

Mengutip dalam buku Mengapa Kita Cegukan dan Mengapa Bulu Mata Kita Tidak Tumbuh? tulisan Beth An Ditkoff, cegukan dapat terjadi akibat otot-otot diafragma mengalami kejang, kontraksi, atau peregangan.
ADVERTISEMENT
Otot diafragma adalah salah satu jenis otot yang berbentuk seperti kubah dan tersekat di antara ulu hati dan di atas perut. Otot diafragma yang berkontraksi akan memaksa udara untuk masuk ke tenggorokan.
Pada saat itulah, udara yang dipaksa masuk, terkena kotak suara dan membuat pita suara menutup secara tiba-tiba. Penutupan pita suara yang terjadi secara mendadak, mengakibatkan suara “hik” pada saat cegukan.
Terdapat beberapa hal yang menjadi penyebab cegukan saat berpuasa, di antaranya:
  • Makan berlebihan saat sahur;
  • Makan terlalu cepat saat sahur;
  • Minum minuman bersoda saat sahur;
  • Banyak menelan udara;
Selain itu, cegukan saat berpuasa dapat disebabkan oleh otak bereaksi terhadap emosi tertentu. Misalnya, merasa gugup, cemas, stres, atau terlalu bersemangat. Emosi yang meluap-luap dapat menyebabkan gangguan pada saraf yang menghubungkan otak dengan diafragma.
9 Cara Menghilangkan Cegukan Saat Puasa Tanpa Minum Air (38068)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi terjadinya kontraksi di bawah tulang dada. Foto: Pixabay

Ciri-Ciri Cegukan

Dalam buku berjudul Buku Pintar Ibu Rumah Tangga yang disusun oleh Nurul HD, secara umum ciri-ciri cegukan ialah sebagai berikut:
ADVERTISEMENT
  • Kontraksi atau spasme diafragma yang tajam dan dirasakan tepat di bawah tulang dada.
  • Udara tanpa sadar tersedot ke tenggorokan.
  • Mengeluarkan suara “hik”.
Ciri atau gejala lain yang mungkin muncul akibat cegukan bisa berupa rasa sesak di dada, perut, atau tenggorokan. Cegukan umumnya terjadi selama beberapa menit, tetapi juga bisa lebih lama.
Pada kondisi tertentu, cegukan bisa berlangsung selama lebih dari 2 hari atau bahkan lebih dari 1 bulan. Kondisi ini disebut dengan cegukan berkepanjangan (persisten). Meski jarang terjadi, kondisi ini bisa membuat penderitanya mengalami kelelahan dan stres.
9 Cara Menghilangkan Cegukan Saat Puasa Tanpa Minum Air (38069)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi mencoba menghilangkan cegukan saat puasa. Foto: Pixabay

Cara Menghilangkan Cegukan Saat Puasa

Tak perlu khawatir, uraian berikut ini akan memberi informasi tentang cara menghilangkan cegukan saat puasa. Merujuk pada buku Dating Survival Kit karangan Hanny Fajar (A. Harianny Larasati), berikut cara-caranya.
ADVERTISEMENT

1. Menahan Napas

Salah satu cara menghilangkan cegukan saat puasa yang paling populer adalah menahan napas. Caranya pun terbilang sederhana dan mudah, yaitu menahan napas dalam 10 hitungan lambat, sebelum akhirnya kembali bernapas secara normal. Hal ini dapat dilakukan 3-4 kali setiap 20 menit selama cegukan.

2. Bernapas dalam Kantong Kertas

Masih terkait dengan menahan napas, alternatif lain menghilangkan cegukan saat puasa adalah bernapas dalam kantong kertas. Caranya, hirup udara terlebih dahulu, kemudian buang dalam kantong kertas tersebut secara berulang kali dalam periode tertentu.
Hal ini akan membuat otot diafragma yang tadinya tegang menjadi rileks kembali dan cegukan pun terhenti. Perlu diingat, untuk tidak menggunakan kantong plastik. Sebab, saat mengambil napas, kantong plastik justru akan menempel di mulut dan hidung.
ADVERTISEMENT

3. Tekan Hidung dan Menelan

Selain itu, cegukan dapat dihilangkan dengan melakukan gerakan menelan sambil menekan bagian hidung. Hal ini dapat membantu otot diafragma untuk relaksasi, sehingga cegukan bisa hilang ketika dalam keadaan berpuasa.

4. Menutup Kedua Telinga

Cara mengatasi cegukan saat puasa berikutnya, yakni menutup telinga menggunakan jari tangan selama 20-30 detik. Cara ini diyakini dapat mengirimkan sinyal relaksasi melalui saraf vagus yang terhubung ke diafragma, sehingga cegukan akan hilang.
Selain itu, cara menghilangkan cegukan saat puasa dapat dilakukan dengan gerakan sederhana dan teknik memijat tertentu. Uraian ini dikutip berdasarkan buku Buku Pintar Keluarga: Bila Anak Menangis karya Michelle Kennedy.

5. Tekuk Lutut dan Arahkan ke Dada

Lakukan beberapa gerakan, yaitu duduk sambil memeluk lutut dan arahkan sedekat mungkin ke arah dada. Posisi tersebut akan menekan area diafragma, sehingga udara yang terjebak dapat keluar. Pertahankan posisi tersebut selama dua menit sebagai cara menghilangkan cegukan saat puasa.
ADVERTISEMENT

6. Membalik Posisi Tubuh

Cara lainnya adalah membalik posisi tubuh dengan berbaring, lalu meletakkan kaki pada dinding juga dapat dilakukan sebagai cara menghilangkan cegukan saat puasa tanpa minum air. Gerakan ini akan membuat posisi tubuh akan terbalik, yaitu kepala di bawah dan kaki di atas.

7. Pijat Lembut Area Ulu Hati

Cara berikutnya untuk menghilangkan cegukan, yaitu melakukan pijatan dengan ujung jari secara lembut pada bagian ulu hati. Lakukan teknik pijatan ini selama 20-30 detik dan umumnya cegukan akan terhenti.

8. Pijat Arteri Leher

Arteri pada leher, yakni karotis merupakan tempat untuk merasakan denyut nadi di kedua bagian leher, dapat dipijat dengan lembut. Cara ini dapat digunakan untuk cara menghilangkan cegukan saat puasa tanpa minum air.
Tidak perlu memberi pijatan yang berlebihan, cukup letakkan kedua tangan pada arteri karotis leher, lalu putar kepala dengan berlawanan jarum jam. Lakukan cara ini selama kurang lebih 5 hingga 10 detik hingga cegukan reda dan menghilang.
ADVERTISEMENT

9. Memijat Telapak Tangan

Tekan telapak tangan bagian bawah ibu jari yang terletak di antara ibu jari dan jari telunjuk, bisa menjadi salah satu cara menghilangkan cegukan saat puasa.
Caranya, tekan telapak tangan menggunakan ibu jari tangan lainnya. Anda juga bisa menekan telapak tangan bagian bawah ibu jari yang terletak di antara ibu jari dan jari telunjuk. Lakukan beberapa kali, agar cegukan dapat hilang sepenuhnya.
(VIO)
Apa penyebab cegukan terus menerus?
chevron-down
Apa yang menyebabkan cegukan?
chevron-down
Apakah cegukan bisa hilang sendiri?
chevron-down
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020