Doa Qunut Latin, Lengkap dengan Tulisan Arab dan Artinya

Menyajikan beragam informasi terbaru, terkini dan mengedukasi.
Konten dari Pengguna
6 April 2022 19:04
·
waktu baca 5 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Kabar Harian tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi seseorang membaca doa qunut latin. Foto: Unsplash.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi seseorang membaca doa qunut latin. Foto: Unsplash.com
ADVERTISEMENT
Doa qunut latin banyak dicari oleh orang-orang yang ingin mempelajarinya dengan mudah. Doa qunut sendiri merupakan doa khusus yang biasanya dibaca sesudah iktidal pada rakaat terakhir dalam salat tertentu.
ADVERTISEMENT
Doa qunut pada umumnya dibacakan dalam salat subuh. Selain itu, bacaan doa qunut juga dilafalkan pada salat sunah dan fardu lainnya, seperti salat witir, dan lain-lain.
Untuk mengetahui bacaan doa qunut untuk salat subuh, simak penjelasan mengenai doa qunut berikut ini.

Bacaan Doa Qunut Latin, Arab, dan Artinya

Ada beberapa baca doa qunut. Macam-macam doa qunut tersebut digunakan sesuai dengan kondisi tertentu.
Berikut macam-macam doa qunut beserta latin dan terjemahannya yang dikutip dari buku Tuntunan Lengkap 99 Salat Sunah Superkomplet karya Puspa Swara dan Ibnu Watiniyah.
Ilustrasi seseorang membaca bacaan doa qunut latin, arab, dan artinya. Foto: Unsplah.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi seseorang membaca bacaan doa qunut latin, arab, dan artinya. Foto: Unsplah.com

Doa Qunut Salat Subuh Sendirian

Berikut bacaan doa qunut ketika melaksanakan ibadah salat subuh sendirian atau tidak berjamaah:
اَللّهُمَّ اهْدِنِىْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ وَعَافِنِى فِيْمَنْ عَافَيْتَ وَتَوَلَّنِىْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ وَبَارِكْ لِىْ فِيْمَا اَعْطَيْتَ وَقِنِيْ شَرَّمَا قَضَيْتَ فَاِ نَّكَ تَقْضِىْ وَلاَ يُقْضَى عَلَيْكَ وَاِ نَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ وَلاَ يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ فَلَكَ الْحَمْدُ عَلَى مَا قَضَيْتَ وَاَسْتَغْفِرُكَ وَاَتُوْبُ اِلَيْكَ وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدَنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ اْلاُمِّيِّ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ
ADVERTISEMENT
(Allahummahdinii fii man hadait, wa‘aafini fii man ‘aafait, wa tawallanii fii man tawallait, wa baariklii fii maa a‘thait, wa qinii syarra maa qadhait.
fa innaka taqdhii wa laa yuqdhoo ‘alaik, wa innahuu laa yadhillu man waalait, wa laa ya‘izzu man ‘aadait, tabaarakta rabbanaa wa ta‘aalait, fa lakal hamdu a’laa maa qadhait, wa astagfiruka wa atuubu ilaik, wa shallallaahu ‘alaa sayyidinaa muhammadin nabiyyil ummiyyi wa ‘alaa aalihi wa shahbihi wa sallam)
Artinya:

"Ya Allah, berilah aku petunjuk seperti orang-orang yang telah Engkau beri petunjuk. Berilah aku kesehatan seperti orang yang telah Engkau beri kesehatan. Pimpinlah aku bersama-sama orang-orang yang telah Engkau pimpin. Berilah berkah pada segala apa yang telah Engkau pimpin.

ADVERTISEMENT

Berilah berkah pada segala apa yang telah Engkau berikan kepadaku. Dan peliharalah aku dari kejahatan yang Engkau pastikan. Karena sesungguhnya Engkau-lah yang menentukan dan tidak ada yang menghukum (menentukan) atas Engkau. Sesungguhnya tidaklah akan hina orang-orang yang telah Engkau beri kekuasaan.

Dan tidaklah akan mulia orang yang Engkau musuhi. Maha Berkahlah Engkau dan Maha Luhurlah Engkau. Segala puji bagi-Mu atas yang telah Engkau pastikan. Aku mohon ampun dan tobat kepada Engkau. Semoga Allah memberi rahmat dan salam atas junjungan kami Nabi Muhammad SAW beserta seluruh keluarganya dan sahabatnya".

Ilustrasi seseorang membaca doa qunut salat Subuh berjamaah. Foto: Unsplash.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi seseorang membaca doa qunut salat Subuh berjamaah. Foto: Unsplash.com

Doa Qunut Salat Subuh Berjamaah

Secara harfiah, tidak ada perbedaan yang mencolok dari doa qunut untuk salat subuh sendiri dan berjamaah. Namun, secara bahasa ada sedikit letak perbedaannya.
ADVERTISEMENT
Perbedaan dari bacaan doa qunut berjamaah dan sendiri adalah pada subjeknya. Pada doa qunut sendiri memakai subjek 'aku', sedangkan pada doa qunut berjamaah memakai subjek 'kami'.
Selain itu, bacaan doa qunut berjamaah awalnya hanya dibacakan oleh imam salat saja dan makmum mengaminkan setiap doa yang diucapkan oleh imam.
Adapun bacaan qoa qunut berjamaah adalah sebagai berikut:
اَللّٰهُمَّ اهْدِنَا فِيْمَنْ هَدَيْتَ وَعَافِنَا فِيْمَنْ عَافَيْتَ وَتَوَلَّنَا فِيْمَنْ تَوَلَّيْت وَبَارِكْ لَنَا فِيْمَا اَعْطَيْتَ وَقِنَابِرَحْمَتِكَ شَرَّمَا قَضَيْتَ، فَاِنَّكَ تَقْضِى وَلَا يُقْضَى عَلَيْكَ، وَاِنَّهُ لَايَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ وَلَايَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ، تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ، فَلَكَ اْلحَمْدُ عَلَى مَا قَضَيْتَ، نَسْتَغْفِرُكَ وَنَتُوْبُ اِلَيْكَ.
(Allahhummahdinaa fiiman hadait, wa'a finaa fiman 'aafait, wa tawallanana fiiman tawal-laiit, wa baarik lana fiimaa a'thait, wa qinaa birahmatika syarra maa qadhait.
ADVERTISEMENT
Fa innaka taqdhii wa laa yuqdhaa 'alaiik. Innahu laa yadzillu maw waalaiit.Wa laa ya'izzu man 'aadaiit. Tabaarakta rabbanaa wa ta'aalait. Fa lakal-hamdu 'alaa maa qadhaiit, Astaghfiruka wa atuubu ilaik wa shallallahu 'ala sayyidina muhammadin nabiyyil ummuyyi wa 'alaa aalihii wa shahbihii wa sallam)
Artinya:

"Ya Allah, berilah kami petunjuk seperti orang-orang yang telah Engkau beri petunjuk. Berilah kami kesehatan seperti orang yang telah Engkau beri kesehatan. Pimpinlah kami bersama-sama orang-orang yang telah Engkau pimpin. Berilah berkah pada segala apa yang telah Engkau pimpin.

Berilah berkah pada segala apa yang telah Engkau berikan kepada kami. Dan peliharalah kami dari kejahatan yang Engkau pastikan.

Karena sesungguhnya Engkau-lah yang menentukan dan tidak ada yang menghukum (menentukan) atas Engkau. Sesungguhnya tidaklah akan hina orang-orang yang telah Engkau beri kekuasaan

ADVERTISEMENT

Dan tidaklah akan mulia orang yang Engkau musuhi. Maha Berkahlah Engkau dan Maha Luhurlah Engkau. Segala puji bagi-Mu atas yang telah Engkau pastikan. Aku mohon ampun dan tobat kepada Engkau. Semoga Allah memberi rahmat dan salam atas junjungan kami Nabi Muhammad SAW beserta seluruh keluarganya dan sahabatnya."

Kapan Qunut Subuh Dilakukan?

Doa qunut subuh dilakukan setelah rakaat ke berapa? Menurut H. M. Anshary dalam Fiqih Kontroversi Jilid 1, qunut subuh dilakukan setelah rukuk pada rakaat terakhir sebelum sujud.
Kapan qunut subuh dilakukan? Qunut subuh dilakukan setelah rukuk pada rakaat terakhir sebelum sujud. Foto: Unsplash.com
zoom-in-whitePerbesar
Kapan qunut subuh dilakukan? Qunut subuh dilakukan setelah rukuk pada rakaat terakhir sebelum sujud. Foto: Unsplash.com

Bagaimana Jika Kita Tidak Hafal Doa Qunut?

Ada beberapa pendapat dan mazhab mengenai hukum membaca doa qunut. Bagi Imam Abu Hanifah dan Imam Ahmad, qunut merupakan hal yang tidak disunahkan.
Berbeda dengan itu, hukum qunut menurut Imam Malik dan Imam Syafi'i, qunut disunnahkan untuk dilaksanakan, khususnya pada salat subuh.
ADVERTISEMENT
Di samping itu, berdasarkan hadis yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad, Iman Nawawi berpendapat bahwa doa qunut salat subuh hukumnya sunah muakkadah.
Berdasarkan beberapa pendapat di atas, dapat disimpulkan bahwa hukum dari qunut sendiri bersifat tidak wajib, sehingga umat Islam tidak berkewajiban untuk menghafalnya.
Jadi, shalat subuh tanpa qunut apakah sah? Jawabannya, ya tetap sah karena tidak membaca doa qunut bukanlah hal yang dapat membatalkan salat.
Meskipun demikian, umat Islam tetap dianjurkan untuk membaca doa qunut karena hukumnya sunah yang mana dapat mendatangkan sejumlah kebaikan dan keutamaan doa qunut bagi setiap orang yang melaksanakannya.
(SAI)
Apa bacaan doa qunut?
chevron-down
Apa bacaan doa qunut berjamaah?
chevron-down
Apa hukum doa qunut?
chevron-down
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·