Macam-macam Tanda Gangguan Kesehatan di Dalam Tubuh

Menyajikan beragam informasi terbaru, terkini dan mengedukasi.
Konten dari Pengguna
25 November 2021 8:36
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Kabar Harian tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Macam-macam Tanda Gangguan Kesehatan di Dalam Tubuh (321073)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi seseorang sedang mengalami gejala demam. Foto: Pexels.com
Salah satu tanda gangguan kesehatan di dalam tubuh adalah badan menjadi lemas dan tidak memiliki energi untuk melakukan aktivitas sehari-hari.
ADVERTISEMENT
Jika mengalami gejala penyakit tersebut, sebaiknya kamu beristirahat dan menjaga pola makan. Kedua hal tersebut dipercaya mampu untuk mengembalikan daya tahan tubuh saat menghadapi penyakit.

Gangguan Kesehatan di Dalam Tubuh

Salah satu tanda gangguan kesehatan di dalam tubuh adalah badan menjadi lemas, tidak memiliki energi untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Biasanya jika sudah cukup parah, tubuh menjadi demam.
Berdasarkan jurnal Sistem Pakar untuk Mendiagnosis Penyakit Infeksi Menggunakan Forward Chaining oleh Ahmad Aniq Noor Mutsaqof, dkk., berikut gejala umum penyakit yang sering ditemui pada tubuh manusia.
1. Badan Lemas atau mudah lelah
Badan lemas menjadi salah satu indikator kinerja tubuh manusia mengalami kemunduran. Kondisi tersebut bisa disebabkan karena tubuh merasa lelah dengan aktivitas yang banyak. Dengan begitu solusinya adalah beristirahat dan mengatur pola makan yang sehat.
ADVERTISEMENT
2. Demam
Selain lemas, gejala penyakit lainnya ditandai dengan tubuh yang menjadi demam. Untuk orang dewasa, suhu tubuh normal berkisar antara 36,1-37,2 derajat celsius.
Sedangkan untuk bayi dan anak kecil, suhu tubuh normal bisa lebih tinggi, yaitu antara 36,6-38 derajat celsius. Jika tubuh mengalami kondisi suhu di atas 37,5 derajat celsius, segera pergi ke dokter atau fasilitas kesehatan untuk mendapat pertolongan.
3. Batuk
Biasanya seseorang yang mengalami demam, organ tenggorokan di dalam tubuhnya juga akan merasa tak nyaman. Oleh sebab itu, salah satu tanda gangguan kesehatan pada manusia ialah batuk dan sulit menelan.
Macam-macam Tanda Gangguan Kesehatan di Dalam Tubuh (321074)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi seseorang sedang mengalami gejala flu dan batuk. Foto: Pexels.com

Gangguan Kesehatan Lainnya

Gangguan kesehatan lain yang juga kerap terjadi pada tubuh adalah penyakit kulit. Kondisi tersebut merujuk pada kelainan kulit akibat adanya jamur, kuman, parasit, virus maupun infeksi yang dapat menyerang manusia.
ADVERTISEMENT
Penyakit kulit sering dialami oleh manusia dan dapat menyerang seluruh maupun sebagian tubuh tertentu. Hal itu akan memperburuk kondisi kesehatan penderita jika tak ditangani secara serius.
Gangguan pada kulit umumnya terjadi karena faktor lingkungan, kebiasaan hidup yang kurang sehat, alergi, dan sebagainya.
Berikut gangguan kesehatan pada kulit beserta gejalanya yang harus diketahui, menurut jurnal Klasifikasi Penyakit Kulit Pada Manusia Menggunakan Metode Binary Decision Tree Support Vector Machine oleh Dyan Dyanmita Putri, dkk.
1. Dermatitis
Dermatitis adalah peradangan kulit pada epidermis dan dermis yang menimbulkan ruam kemerahan, bersisik, dan kering pada kulit serta akan terasa gatal.
Gejala utama yang dirasakan pada penderita penyakit dermatitis adalah gatal, alergi, kulit melepuh, kulit meradang, perih, keluar nanah, serta muncul kemerahan pada wajah, lutut, tangan, dan kaki.
ADVERTISEMENT
2. Abses
Abses merupakan sebuah penimbunan nanah yang terakumulasi di sebuah jaringan akibat infeksi bakteri atau karena benda asing seperti serpihan, luka peluru, atau jarum suntik.
Gejala yang dirasakan biasanya gatal pada bagian kulit tertentu, timbul benjolan kecil dengan warna kemerahan, keluar nanah, nyeri tekan, nyeri kepala, kulit meradang, bengkak, dan demam.
3. Herpes
Herpes merupakan penyakit radang kulit yang disebabkan oleh virus dan ditandai dengan munculnya bintik yang berisi cairan pada bagian kulit tertentu.
Gejala yang dirasakan pada penderita herpes biasanya gatal, demam, nyeri kepala, nyeri tekan, kulit meradang, kulit melepuh, perih, dan muncul gelembung air.
(FNS)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020