Transportasi adalah Salah Satu Dasar Pembangunan Ekonomi, Begini Penjelasannya

Menyajikan beragam informasi terbaru, terkini dan mengedukasi.
Konten dari Pengguna
14 Oktober 2021 16:51
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Kabar Harian tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Transportasi adalah Salah Satu Dasar Pembangunan Ekonomi, Begini Penjelasannya (278576)
zoom-in-whitePerbesar
Transportasi adalah sarana yang menghubungkan antara wilayah produksi dan pasar. Contoh transportasi udara adalah pesawat. Foto: Pexels.
ADVERTISEMENT
Transportasi adalah aspek penting dalam perkembangan suatu negara. Sebab, berguna sebagai penghubung antara individu yang saling membutuhkan. Transportasi sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari, sehingga aspek yang satu ini sudah tidak asing lagi.
ADVERTISEMENT
Mengutip buku Pengantar Transportasi yang disusun oleh Siti Fatimah, transportasi merupakan salah satu dasar pembangunan ekonomi.
Sektor tersebut dapat meningkatkan aktivitas sosial, baik kegiatan ekonomi maupun kegiatan pembangunan di suatu negara. Transportasi juga menjadi bukti perkembangan masyarakat dan pertumbuhan industri.
Transportasi adalah Salah Satu Dasar Pembangunan Ekonomi, Begini Penjelasannya (278577)
zoom-in-whitePerbesar
Transportasi adalah sarana yang menghubungkan antara wilayah produksi dan pasar. Contoh transportasi darat adalah sepeda. Foto: Pexels.
Transportasi menciptakan guna tempat (place utility) dan nilai guna waktu (time utility). Atau berarti, nilai barang menjadi lebih tinggi ketika berada di tempat tujuan dibandingkan di tempat asal. Selain itu, barang yang diangkut menjadi tiba tepat waktu dan lebih cepat di tempat tujuan.

Pengertian transportasi

Menurut Adisasmita (2011), dikutip dari buku Pengantar Transportasi karya Siti Fatimah, transportasi adalah sarana penghubung atau yang menghubungkan antara wilayah produksi dan pasar. Atau dapat dikatakan juga mendekatkan daerah produksi dan pasar hingga menjembatani produsen dengan konsumen.
ADVERTISEMENT
Adapun menurut Miro dalam buku berjudul Perencanaan Transportasi untuk Mahasiswa, Perencana, dan Praktisi, transportasi adalah usaha memindahkan, menggerakkan, mengangkut, atau mengalihkan suatu objek dari suatu tempat ke tempat lain. Di tempat yang berbeda tersebut, suatu objek bisa lebih bermanfaat untuk tujuan-tujuan tertentu.

Transportasi adalah Kegiatan Jasa

Menurut buku Pengantar Transportasi, jasa transportasi dikatakan sebagai permintaan turunan atau derivasi (derived demand). Artinya, permintaan jasa transportasi semakin naik atau bertambah karena dibutuhkan untuk melayani kegiatan ekonomi yang semakin berkembang pesat.

Manfaat transportasi

Bila Jasa transportasi cukup atau jumlah kapasitasnya memadai akan memberikan manfaat ekonomi, antara lain:
  1. Memperluas pasar. Kehadiran jaringan transportasi yang luas akan memudahkan dan melancarkan kegiatan kirim mengirim barang ke berbagai pasar yang letaknya jauh.
  2. Menstabilkan harga barang. Dengan ketersediaan fasilitas transportasi yang lancar, kekurangan barang di suatu daerah dapat ditangani dengan mendatangkan barang dari daerah lain. Dengan begitu tingkat harga di kedua daerah menjadi seimbang atau stabil.
  3. Ketersediaan pelayanan transportasi yang lancar akan mendorong daerah-daerah untuk melakukan spesialisasi produksi sesuai dengan potensi sumber daya yang dimiliki.
ADVERTISEMENT

Tujuan Transportasi

Secara garis besar, transportasi memiliki tujuan penting dalam dua hal. Di antaranya peran dalam pembangunan ekonomi dan pembangunan nonekonomi.
  • Tujuan ekonomi:
  1. Meningkatkan pendapatan nasional.
  2. Mengembangkan industri nasional.
  3. Menciptakan serta memelihara tingkat kesempatan kerja bagi masyarakat.
  • Tujuan nonekonomi:
  1. Mempertinggi integritas bangsa.
  2. Meningkatkan pertahanan dan keamanan nasional.

Jenis-jenis Transportasi

Sistem transportasi yang dikembangkan di Indonesia dibedakan menjadi tiga jenis, yakni:
Transportasi udara adalah seluruh kendaraan yang diizinkan untuk beroperasi di udara. Contohnya, pesawat penumpang sipil, roket, pesawat militer, pesawat angkut, pesawat turbofan, dan lain lain.
  • Moda laut
Transportasi laut adalah segala kendaraan yang bergerak di laut. Contoh transportasi laut adalah kapal feri, kapal barang, kapal penyelamat, kapal penumpang, kapal perang, kapal tanker, dan lain-lain.
ADVERTISEMENT
  • Moda darat
Transportasi darat adalah kendaraan yang beroperasi dan berhak untuk menggunakan jalan, baik berupa jalan raya maupun jalur rel. Contoh transportasi darat adalah sepeda, motor, mobil penumpang, bus, mobil barang, becak, delman, baja, kereta api, dan lainnya.
(ZHR)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020