Pencarian populer
PUBLISHER STORY
3 Maret 2019 15:48 WIB
0
0

Sebulan, transaksi e-commerce RI tembus Rp13 triliun

JAKARTA, kabarbisnis.com: Bank Indonesia (BI) mencatat peningkatan transaksi e-commerce dari waktu ke waktu. Deputi Senior Gubernur BI Mirza Adityaswara menyebut transaksi per bulan bisa mencapai Rp 11 triliun hingga Rp 13 triliun.

"Kalau satu tahun bisa sekitar Rp 140 triliun," ujar Mirza Adityaswara usai menghadiri acara BI Netifest di Museum BI, Jumat (1/3/2019).

Kendati demikian, bila dibandingkan dengan transaksi di sektor retail nilainya masih lebih kecil. Namun,menurut hitungan BI pertumbuhan sektor riil yang melalui e-commerce bisa mencapai 100% hingga 150% secara tahunan.

Pertumbuhan yang cepat tersebut ingin dimanfaatkan BI untuk membantu usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) hingga produksinya dapat diekspor."Saat ini sudah ke arah situ, tapi tentu perjalanannya ada crossborder payment dan sebagainya," jelas Mirza.

BI saat ini sedang mengkaji peraturan yang terkait perkembangan ekonomi digital. Mirza memastikan BI ingin memfasilitasi digital ekonomi. Ke depan,dia juga mengatakan ingin perbankan bisa berkompetisi dengan non-bank.

"Perbankan harus kreatif misal saat ini sudah ada linkaja. itu kan maksudnya biar berkompetisi dengan nonbank," ujar Mirza.

Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Senin,20/05/2019
Imsak04:25
Subuh04:35
Magrib17:47
Isya18:59
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.20