News
·
16 Februari 2020 22:10

Begini Kemeriahan Peringati Hari Peduli Sampah Nasional di Pasuruan

Konten ini diproduksi oleh Kabarpas
Begini Kemeriahan Peringati Hari Peduli Sampah Nasional di Pasuruan (127086)
Pasuruan, Kabarpas.com – Dalam memperingati HPSN 2020 OPA PATAS mengadakan agenda tahunan GOwes BErsih Sampah (GOBES). Kegiatan ceremonial ini setiap tahun dilakukan, dan ini sudah menginjak tahun ke-4. Acara ini juga didukung penuh oleh Pabrik AQUA Keboncandi serta beberapa perusahaan lainnya yang mendukung kegiatan ini sehingga terlaksana dengan lancar.
ADVERTISEMENT
Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, pada tahun ini kegiatan diawali dengan diskusi lingkungan bersama pemateri diskusi Sanggar Hijau Indonesia, DLHKP, BAPPEDA, DINKES Kota Pasuruan, dan Dinas P & K Kota Pasuruan. Dengan mengangkat tema “Merubah Perilaku Membuang Sampah Sembarangan Menuju SDM Unggul untuk Indonesia Maju”.
Diharapkan melalui diskusi bersama para pihak terkait selaku sektor penggerak dari pemerintahan menjadikan masyarakat lebih sadar akan kebersihan lingkungan.
Usai diskusi acara dilanjutkan dengan aksi nyata GOwes BErsih Sampah (GOBES) dengan titik lokasi aksi alun-alun Kota Pasuruan dan sekitarnya, kemudian melaksanakan longmarch di sepanjang Jl. Pahlawan Kota Pasuruan.
Tidak hanya itu, kegiatan edukasi pengelolaan sampah disampaikan juga melalui penampilan teatrikal dari Teater Pasuruan.
Ketua pelaksana Sandhy Pratama Putra menyampaikan harapannya dari kegiatan ini agar masyarakat menjadi lebih peduli terhadap lingkungan sekitar.
ADVERTISEMENT
“Semoga masyarakat khususnya Kota Pasuruan & lingkungan sekitarnya menjadi sadar akan bahaya dan dampak negatif sampah jika membuang sampah sembarangan, maka perlu upaya nyata bersama seluruh pihak terkait untuk lebih peduli mengenai pengelolaan sampah yang baik,” ungkapnya.
Sementara itu, Hari Wicaksono, SR Manager PT. Tirta Investama – AQUA Keboncandi menyampaikan bahwa kegiatan nyata GOBES yang telah dilaksanakan tentunya sangat bermanfaat untuk mengajak seluruh komponen masyarakat agar peduli akan pengelolaan sampah.
“AQUA percaya bahwa makanan dan minuman yang sehat hanya bisa didapat dari planet yang sehat dan hal tersebut tercermin dalam slogan Danone, One Planet One Health,” terangnya.
Dijelaskan, dalam proses produksi, kemasan memiliki peran penting untuk melindungi manfaat gizi dan kualitas produk sehingga dapat disimpan, diangkut dan digunakan dengan aman.
ADVERTISEMENT
“Kami percaya bahwa sampah kemasan plastik bisa menjadi bahan baku jika didaur ulang, untuk itu kami terus mendorong ke model ekonomi sirkular. Dalam pengelolaan sampah kemasan plastik, kami berambisi untuk mengambil kembali lebih banyak sampah kemasan plastik dari yang dihasilkan pada tahun 2030. Hal ini merupakan komitmen kami untuk berkontribusi menyelesaikan masalah sampah di Indonesia, termasuk dengan mendukung program Pemerintah Republik Indonesia untuk mengurangi sampah plastik di laut sebanyak 70% pada tahun 2025,” tegasnya.
“Ambisi ini hanya dapat terwujud jika seluruh pemangku kepentingan terlibat secara aktif, mulai dari pemerintah, produsen, LSM, media hingga konsumen,” tambahnya. (rif/gus).