kumparan
16 Sep 2019 20:13 WIB

Dispersip Probolinggo Gelar Literasi Sulap

Probolinggo, Kabarpas.com – Dalam rangka Hari Kunjung Perpustakaan dan Bulan Gemar Membaca tahun 2019, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Probolinggo menggelar literasi sulap.
ADVERTISEMENT
Kegiatan yang dilaksanakan di ruang Pustakaloka Dispersip Kabupaten Probolinggo ini diikuti oleh 40 orang perserta siswa siswi SMA/MA/SMK se-Kabupaten Probolinggo. Sebagai pemateri hadir Firmansyah Raditya, seorang pesulap muda dari Probolinggo.
Kepala Dispersip Kabupaten Probolinggo dr. Endang Astuti melalui Pustakawan Hesthiyono Suko Adhi mengungkapkan literasi masyarakat akan meningkat serta mendongkrak tingkat kunjungan masyarakat ke perpustakaan.
“Dengan semakin variatif dan inovatifnya kegiatan-kegiatan di perpustakaan, diharapkan akan mampu memberikan kontribusi dalam peningkatan IPM (Indek Pembangunan Manusia) Kabupaten Probolinggo,” ungkapnya.
Sementara Firmansyah Raditya mengatakan, setiap individu pasti mempunyai mimpi. Apalagi anak sekolah pasti banyak sekali mimpi yang ingin diraih. Lewat sulap, mimpi yang awalnya tidak mungkin bisa menjadi mungkin, apabila sudah tahu caranya. Sulap bertujuan menumbuhkan rasa semangat untuk memulai sesuatu. Suasana menjadi lebih seru karena dibungkus dengan nuansa ajaib.
ADVERTISEMENT
“Sulap dapat memperkaya literasi bacaan. Karena jika ingin show sulap, kita harus mempunyai pandangan lebih soal materi yang akan ditampilkan. Tujuannya menumbuh kembangkan minat baca,” katanya.
Menurut Firman, fungsi lain sulap bukan cuma sekedar menghibur saja. Bukan sekedar bermain kartu saja. Tapi sulap itu melatih mental, berbiacara di depan orang banyak. “Memaksa untuk mencari wawasan lebih banyak untuk referensi menulis materi. Melatih untuk percaya diri menghadapi apapun,” pungkasnya. (mel/nis).
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan