kumparan
KONTEN PUBLISHER
7 Agustus 2019 12:38

Pemkot Pasuruan Gelar Pelatihan Tata Kelola Destinasi Pariwisata

pak teno.jpg
Pasuruan, Kabarpas.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Pasuruan melalui Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga selama 3 hari berturut-turut yakni hari Selasa sampai dengan hari Kamis tanggal 6 Agustus sampai dengan tanggal 8 Agustus 2019 menyelenggarakan pelatihan tata kelola destinasi pariwisata, yang diikuti sebanyak 80 peserta. Acara ini digelar di BJ Perdana Hotel, Jalan Sultan Agung Kota Pasuruan.
ADVERTISEMENT
Pelatihan tersebut secara resmi dibuka oleh Wakil Walikota Pasuruan dihadiri Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan Sekretariat Daerah Kota Pasuruan,
Narasumber Dari Kepala Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur, para Camat dan Lurah di lingkungan Pemerintah Kota Pasuruan serta para peserta pelatihan.
Menurut Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda Dan Olahraga Kota Pasuruan, Hardi Utoyo mengatakan, maksud dan tujuan digelarnya dana alokasi khusus non fisik dana pelayanan kepariwisataan kepada daerah kabupaten dan kota diharapkan agar masing-masing daerah mampu memberi stimulasi kepada perkembangan pariwisata khususnya pada prioritas pengembangan SDM pariwisata sesuai dengan keunggulan yang dimiliki, dengan menunjuk pada arah dan kebijakan yang telah ditetapkan oleh Kementerian Pariwisata.
“Sehingga pada pelatihan tata kelola destinasi pariwisata ini, diharapkan agar peserta meningkatkan kemampuan dan ketrampilan utamanya di bidang tata kelola destinasi pariwisata sehingga lebih terarah dan fokus dalam membangun destinasi pariwisata,” kata pria yang akrab disapa De Hardi tersebut saat memberikan sambutan.
ADVERTISEMENT
Sementara itu, Wakil Walikota Pasuruan, Raharto Teno Prasetyo, dalam sambutanya menyampaikan sangat yakin bahwa pengembangan kepariwisataan dengan tata kelola yang baik dimasa yang akan datang akan menjadi pilar perekonomian di Kota Pasuruan.
“Kita perlu melakukan kreativitas dan inovasi, karena destinasi pariwisata dapat terwujud dengan dukungan dan keterlibatan seluruh pemangku kepentingan di bidang pariwisata, dimana masyarakat merupakan salah satu unsur penting didalamnya,” terangnya.
Selain itu, pria yang saat ini juga sekaligus menjabat sebagai Plt Wali Kota Pasuruan itu menambahkan, dukungan dari masyarakat turut menentukan keberhasilan jangka panjang pengembangan kepariwisataan, sehingga dapat mengaktualisasikan nilai-nilai penting yang terkandung dalam sapta pesona.
Ia juga berharap agar pelatihan ini dapat memberikan sinergi bagi semua para pelaku pariwisata, untuk memberikan curah pikiran, curah gagasan, berbagi pengalaman, unjuk kerja, unjuk kreatifitas demi kemajuan pada sektor kepariwisataan di Kota Pasuruan.
ADVERTISEMENT
“Oleh karena itu, sekali lagi mari kita awali dari sini, manfaatkan kesempatan pelatihan ini dengan sebaik-baiknya dan semoga akan memiliki manfaat dan nilai lebih bagi kita semua. Disamping itu agar kegiatan ini diikuti dengan sebaik-baiknya, tak ada kata terlambat untuk sebuah perubahan, berubah itu harus, menjadi baik itu wajib,” tegas pria yang juga Ketua DPC PDIP Kota Pasuruan tersebut.
Seusai sambutan diteruskan dengan pemaparan materi oleh narasumber. Perlu diketahui, hasil kegiatan pada pelatihan tata kelola destinasi pariwisata ini dapat memberikan stimulan bagi peserta terhadap keunggulan yang dimiliki oleh masing-masing wilayahnya di setiap kelurahan, sehingga terwujud destinasi pariwisata melalui tata kelola yang baik sesuai dengan arah dan kebijakan rencana induk pariwisata Kota Pasuruan. (ajo/gus).
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan