kumparan
News23 Mei 2020 23:41

Update Corona di Kabupaten Probolinggo: 76 Positif, 56 PDP dan 465 ODP

Konten Redaksi Kabar Pasuruan
covid 19.jpg
Probolinggo, Kabarpas.com - Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo hingga Sabtu (23/5/2020) malam merilis sebaran Corona Virus Disease (COVID-19) di Kabupaten Probolinggo.
ADVERTISEMENT
Juru Bicara Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo dr. Anang Budi Yoelijanto mengatakan hingga saat ini orang terkonfirmasi positif COVID-19 mencapai 76 orang atau bertambah 1 orang dari sebelumnya sebanyak 75 orang dengan keterangan 58 orang masih dirawat dan menjalani isolasi, 16 orang sembuh dan 2 orang meninggal dunia.
“Ada tambahan satu orang terkonfirmasi positif COVID-19 yang meninggal dunia berasal dari Desa Kregenan Kecamatan Kraksaan. Selain itu ada satu orang yang dinyatakan sembuh dari COVID-19 berasal dari Desa Sebaung Kecamatan Gending,” katanya.
Menurut Anang, sampai saat ini semua orang terkonfirmasi positif COVID-19 lain yang pasti dengan tim kuratif yang baru sudah dicoba sistemnya diperbaiki supaya dievaluasi sehingga pemulihannya bisa lebih cepat.
ADVERTISEMENT
“Yang pasti mereka masih menunggu hasil swabnya. Kalau nanti sebagian bisa dilakukan pemeriksaan swab dengan menggunakan alat TCM milik kita dan sebagian lagi bisa dikirimkan ke Surabaya,” jelasnya.
Anang menegaskan untuk tracking terhadap orang-orang terkonfirmasi positif COVID-19 yang masih akan dilakukan. Terlebih ini khan baru keluar dan baru muncul dua hari yang lalu. Apalagi sudah mendekati lebaran.
“Yang pasti masih ditracking sementara ini memang tapi tidak seoptimal biasanya karena suasana mendekati lebaran. Insya Allah proses tracking masih berjalan dilakukan oleh tim tracking yang ada. Mereka melakukan pendalaman Insya Allah minggu depan akan lebih spesifik lagi untuk mendalami kontak erat,” tegasnya.
Selanjutnya, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 56 orang atau sama dengan sehari sebelumnya dengan keterangan 3 orang dalam pengawasan, 35 orang selesai diawasi dan 18 orang meninggal dunia.
ADVERTISEMENT
“Untuk kondisi PDP yang lain kondisinya masih bagus dan baik serta sehat wal afiat. Ada perbaikan perkembangan dan tinggal menunggu hasil swab yang saat ini masih belum keluar. Harapannya semoga hasil swabnya negatif sehingga mereka bisa pulang semua,” ungkapnya.
Serta, Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 465 orang atau bertambah 13 orang dari sebelumnya sebanyak 452 orang. “Dengan keterangan 124 orang dalam pemantauan, 336 orang selesai dipantau dan 5 orang meninggal dunia,” tambahnya.
Selain itu, jelang lebaran Anang menghimbau karena walaupun Bupati Probolinggo sudah mengeluarkan kebijakan, tapi tidak menutup kemungkinan di lapangan di masyarakat masih suasana lebaran masih begitu kental.
“Kami sangat mengharapkan kesadaran masyakarat untuk menjaga betul suasana protokol. Apapun kegiatannya kalau bisa pakai masker, jaga jarak, silataurahim tidak bersentuhan fisik, tidak melakukan kumpul-kumpul dalam jumlah banyak serta tidak membuat kegiatan halal bihalal yang mengumpulkan orang banyak. Hal-hal itu yang kita jaga betul demi kebaikan bersama,” pungkasnya. (mel/nis).
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan